5 Pengamat Politik Paling Disukai Netizen

Selain kerap di wawancara oleh wartawan untuk dimintai pandangannya seputar isu terkini, pengamat politik rupanya juga telah menarik perhatian netizen atau warganet.

Jul 18, 2023 - 01:15
 0
5 Pengamat Politik Paling Disukai Netizen

Selain kerap di wawancara oleh wartawan untuk dimintai pandangannya seputar isu terkini, pengamat politik rupanya juga telah menarik perhatian netizen atau warganet.

Terkait hal itu, Jayabaya Engine X beberapa waktu lalu telah merilis hasil survei pengamat politik terpopuler berdasarkan hasil percakapan media sosial.

Dari data yang telah dikumpulkan sejak 1 Januari 2023 hingga 12 Juli 2023 tersebut, setidaknya ada lima besar pengamat politik yang populer dan banyak disukai oleh netizen ri.

Peringkat pertama yang paling populer adalah Rocky Gerung (19%), diikuti oleh Saiful Mujani (13.4%) dan Effendi Gazali (15.3%). Peringkat keempat Hendri Satrio (11.8%), dan di posisi kelima ada Denny JA (10.4%).

Menurut peneliti Jayabaya Engine X Gumilar Satriawan, data tersebut berdasarkan mixed user 4.880 net user.

“Big Data ini mengambil data dari media sosial dan media online. Semakin sering disebut di media-media online dan media sosial, maka orang tersebut semakin populer. Orang terkenal, orang populer itu kan yang paling sering dibicarakan”, ucap Gumilar, Senin (17/7/2023).

Gumilar menjelaskan, nama-nama tersebut oleh pihaknya diambil secara random atau acak dan tidak memiliki kriteria tertentu atas pilihan nama tersebut.

“Jika sering muncul di TV, YouTube, media sosial dan media online, maka nama orang tersebut kami ambil. Nah itu saya ambil sebagai subject. Pengamat politik nasional maupun lokal,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan bahwa peringkat tersebut akan selalu mengalami perubahan, tergantung durasi proses data mining dan jumlah usernya.

“Urutan ini bisa berubah tergantung kepada durasi proses data mining dan jumlah usernya”, ujar Gumilar.

Pengamat politik yang juga masuk dalam radar Jayabaya Engine-X di antaranya adalah Burhanuddin Muhtadi (8,4%), Akbar Faisal (6,2%), Eep Saefulloh Fatah (5,1%), Refly Harun (3,4%) dan Yunarto Wijaya (2,6%).

Disusul oleh Siti Zuhro (1,5%), Adi Prayitno (1,1%), Firman Manan (1%) dan Muhammad Qodari (0,5%). Selanjutnya terdapat nama Toto Izul Fatah (0.3%), Ikrar Nusa Bakti (0.1%), Hasan Hasbi (0%), dan terakhir Tjipta Lesmana (0%).

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow