6 Cara Menabung Paling Efektif, Untuk Gaji 2 jutaan

Cara menabung paling efektif untuk yang memiliki gaji 2 jutaan, meski terlihat sulit, namun sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan.

Sep 4, 2023 - 04:17
 0
6 Cara Menabung Paling Efektif, Untuk Gaji 2 jutaan

Cara menabung paling efektif untuk yang memiliki gaji 2 jutaan, meski terlihat sulit, namun sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan. Dengan catatan, selama selalu melakukannya dengan benar dan disiplin. 

Gaji kecil bukanlah alasan untuk tidak bisa menabung. Jika rajin mengumpulkan sisa receh  dan dengan sedikit perencanaan, tabungan masa depan pun bisa terkumpul dengan sendirinya.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah sedikit ulasan tentang tata cara menabung paling efektif untuk gaji 2 jutaan. Namun, bisa juga diaplikasikan untuk gaji yang lebih besar atau kurang sekalipun.

1. Gunakan Rumus  50/30/20

Sebagai cara menabung paling efektif yang pertama adalah, gunakan rumus 50/30/20., untuk mengalokasikan gaji setiap akhir bulan. Lakukan hal ini, sebelum menggunakan gaji untuk keperluan yang lain.

Langsung sisihkan separuh dari dari dua juta gaji yang diterima, untuk keperluan popok. Contohnya, seperti makanan, bayar tagihan, dan yang sejenisnya. 

Kemudian, sisihkan kembali 30% sisa gaji yang belum terpakai, untuk kebutuhan sekunder  seperti dana liburan, perawatan, dan lain - lain. Sedangkan sisa 20% nya, bisa digunakan untuk tabungan serta membayar hutang yang masih berjalan.

2. Rajin Membuat Laporan Keuangan Sederhana

Langkah berikutnya, yaitu rajin membuat laporan keuangan, meski hanya dengan cara sederhana. Isi laporan tersebut, berupa daftar pemasukan serta pengeluaran selama satu bulan termasuk biaya tidak terduga.

Sebaiknya, buat laporan keuangan secara rinci, dan memisahkannya berdasarkan kategori  masing - masing. Contohnya seperti cicilan, asuransi, tagihan listrik dan yang sejenis sebagai kategori tagihan tetap.

Laporan terinci seperti itu, dapat membantu pengaturan gaji yang didapat setiap bulannya dengan lebih mudah. Pastikan, untuk tidak lupa mencatat pengeluaran sekecil apapun tanpa ada yang terlewat. 

3. Bayar Tagihan Dengan Pendebetan Langsung

Manfaatkan sistem pendebetan langsung untuk membayar tagihan pokok. Hal ini dapat membantu, agar tidak terjadi keterlambatan pembayaran tagihan. Jika tagihan terbayar dengan tepat waktu, resiko terkena denda pun dapat dihindari.

4. Hilangkan Pengeluaran Yang Tidak Penting

Terkadang, ada beberapa pengeluaran kecil yang tidak selalu tercatat dalam buku laporan keuangan. Salah satu contohnya, seperti anggaran untuk berlangganan TV kabel, yang akhirnya akan menjadi pemborosan jika jarang dinyalakan.

Mulailah menghilangkan pengeluaran yang tidak penting itu, agar anggaran kecil bisa digunakan untuk kebutuhan lain atau menjadi tabungan.

Apabila tidak pernah menyempatkan waktu untuk mulai cermat dalam merencanakan pengeluaran, maka sistem ini tidak akan berjalan dengan baik. Termasuk juga, jika memiliki gaji lebih dari 2 jutaan sekalipun

5. Sistem Anggaran 80/20

Cara menabung paling efektif yang satu ini, hampir mirip dengan rumusan 50/30/20. Perbedaannya, untuk alokasi gaji yang  20%, digunakan seluruhnya untuk tabungan. Sedangkan sisanya, bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan lainnya. 

Sistem ini sangat ideal, jika tidak terlalu suka untuk membuat laporan keuangan setiap bulannya. Selain itu, juga cocok untuk orang - orang memiliki kedisiplinan dalam menabung, dan tidak suka dengan pemborosan.

6. Memiliki 2 Rekening Tabungan

Jika terasa sulit untuk menjadi orang yang disiplin dalam pengeluaran, cobalah siasati dengan cara memiliki rekening tabungan di Bank berbeda. 

Pilih rekening tabungan yang tidak mengenakan potongan administrasi untuk rekening tabungan. Selain itu, sebaiknya hindari untuk membuat kartu ATM, untuk mengurangi kebiasaan mengambil uang setiap saat. 

Sedangkan rekening tabungan yang lain, hanya digunakan untuk pengeluaran bulanan yang bersifat rutin. Namun selalu tanamkan dalam pemikiran, bahwa jumlah sisa gaji yang dimiliki hanya cukup untuk pengeluaran bulanan.

Pola pikir seperti ini, dapat mendorong seseorang untuk bisa hidup dengan lebih hemat, dan menjadi cara menabung paling efektif. 

Satu tips kecil yang bisa membantu adalah, rubahlah kebiasaan melakukan transfer uang antar bank, karena dapat terkena biaya potongan. Akan lebih baik, jika melakukan setor langsung melalui teller di bank.

Demikianlah 6 cara menabung paling efektif, untuk gaji 2 jutaan. Jika mengikuti langkah - langkahnya dengan benar dan disiplin, maka menabung dari jumlah yang kecil, pada akhirnya juga akan menjadi besar. Selamat menabung!

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow