6 Ide Bisnis Makanan Kekinian Dari Olahan Tempe

Ide bisnis makanan kekinian, selalu membutuhkan modal yang besar. Jika hanya memiliki modal terbatas, bisa mencoba berjualan makanan dari olahan tempe.

Nov 3, 2023 - 07:46
 0
6 Ide Bisnis Makanan Kekinian Dari Olahan Tempe

Ide bisnis makanan kekinian, selalu membutuhkan modal yang besar. Jika hanya memiliki modal terbatas, bisa mencoba berjualan makanan sederhana dari olahan tempe. Selain mudah dibuat, tempe juga memiliki target pasar yang cukup luas.

Tidak hanya itu, tempe ini juga merupakan sumber protein berharga murah dan dengan rasa  yang lezat. Selain itu, olahan tempe juga mudah diinovasikan menjadi jenis makanan modern bercita rasa Indonesia.

Meski hanya dengan dana terbatas, olahan tempe bisa menjadi bisnis dengan keuntungan yang cukup besar. Baik itu berupa makanan ringan, hingga makanan utama pengganti protein hewani.

Yuk, kita simak 6 ide bisnis makanan kekinian dari olahan tempe

1. Steak Tempe

Olahan tempe kekinian yang pertama adalah steak tempe. Makanan yang biasanya menggunakan daging sapi ini, awalnya banyak digemari oleh para kalangan vegetarian. Namun seiring berjalannya waktu, pasarnya pun semakin luas.

Salah satu penggemar dari makanan ini, yaitu sebagian orang yang menyukai makanan lezat, namun tetap ingin menjalankan hidup sehat. Selain itu, ide bisnis makanan yang menguntungkan.

2. Sosis Gulung Tempe

Ide bisnis makanan kekinian dari olahan tempe berikutnya adalah sosis gulung, yang sangat disukai oleh semua golongan usia. Tidak hanya anak - anak, tapi juga hingga orang dewasa.. 

Bahan makanan berbahan dasar nabati yang lezat dan sehat ini, dapat menjadi peluang usaha yang menguntungkan, meskipun dengan modal kecil.

3. Pizza Tempe

Selain digoreng, tempe juga dapat diolah menjadi makanan kekinian seperti Pizza Tempe. Rasanya tidak kalah lezat, dengan pizza tepung berbahan dasar daging atau ayam broiler yang berlemak.

Kelebihan lain dari Pizza Tempe ini, yaitu teksturnya yang renyah dan rendah kalori. Sehingga, lebih sehat meskipun sering mengkonsumsinya.

Tidak ada salahnya menyisipkan menu inovatif ini, sebagai ide bisnis makanan rumahan yang lumayan keuntungannya. 

4. Nugget Tempe

Jika umumnya bahan dasar nugget adalah daging ayam olahan, tidak heran jika nugget menjadi makanan paling populer dikalangan anak - anak. Tidak hanya dapat disantap dengan kentang atau nasi, nugget juga bisa menjadi cemilan. 

Namun disamping itu, olahan tempe juga dapat menggantikan ayam sebagai nugget kekinian. Hanya dengan melakukan sedikit inovasi, nugget tempe bisa menjadi ide bisnis makanan kekinian dengan pasar yang besar.

5. Burger Tempe

Seiring dengan semakin banyaknya masyarakat yang menjalankan pola hidup sehat, membuat burger tempe ikut menjadi populer. Tentunya, sebagai makanan kekinian bercita rasa lezat.

Ide bisnis makanan kekinian dari olahan tempe, bahkan sudah menjadi usaha yang menguntungkan bagi banyak pengusaha kuliner. Tanpa perlu modal besar, para pengusaha burger tempe berhasil menjadi pesaing burger biasa.

6. Keripik Tempe

Setelah melalui berbagai inovasi, makanan ringan yang renyah ini dapat dibuat dengan berbagai campuran rasa manis, asin maupun gurih. 

Karena ide bisnis makanan kekinian ini belum banyak yang menjalankan, tidak heran jika banyak pengusaha yang mulai memperdagangkannya. Alasan lainnya, usaha olahan tempe tidak membutuhkan modal besar.

Tips Memilih Kedelai Tempe Yang Benar

Agar bisa mendapatkan kualitas kedelai yang baik sebelum membuat menu olahan tempe, pelajari cara memilih bahan dasarnya berikut ini.

1. Warna Kedelai Kuning Kecoklatan

Pastikan hanya memilih yang warnanya kuning kecoklatan. Pasalnya, kedelai dengan warna tersebut, memiliki kualitas yang lebih baik. 

2. Berbiji Bulat 

Pilih biji kedelai yang bulat saja, karena jika bentuknya pipih, biasanya agak keras untuk dimakan. Selain itu, juga sulit untuk diproses menjadi tempe olahan.

3. Matang

Kedelai yang sudah matang, umumnya berkulit mulus tanpa ada kerutan. Jika masih terlalu muda, kedelai masih belum bernutrisi dan agak pahit.

4. Hanya Pilih Yang Padat

Saat proses perebusan, pisahkan kedelai yang terlihat mengapung, karena belum cukup padat untuk dijadikan tempe.

5. Kering

Keringkan kedelai sebelum diolah, sehingga tidak mudah busuk. Kedelai yang masih basah, biasanya agak berbau apak. Rasanya pun kurang enak saat dimakan.

Demikianlah ulasan mengenai 6 ide bisnis makanan kekinian dari olahan tempe yang bisa menguntungkan, meski modalnya kecil.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow