7 Cara Memperkuat Sinyal WiFi Agar Lebih Stabil

Cara Memperkuat Sinyal WiFi dapat dilakukan dengan berbagai cara, baik untuk masyarakat yang tinggal di kota besar maupun di wilayah pelosok.

Nov 9, 2023 - 06:09
 0
7 Cara Memperkuat Sinyal WiFi Agar Lebih Stabil

Cara Memperkuat Sinyal WiFi - Kebutuhan akan jaringan internet, bukan lagi hanya milik masyarakat di kota besar. Masyarakat yang tinggal jauh di pelosok pun ternyata juga membutuhkannya. Baik untuk kepentingan usaha, pendidikan, pribadi dan lain sebagainya.

Menemukan sinyal WiFi di kota besar merupakan hal yang mudah untuk dilakukan. Namun, tidak begitu halnya bagi masyarakat pelosok. Jaringan WiFi bisa mengalami penurunan setiap saat, dan dengan kecepatan yang tidak stabil.

Beberapa perangkat yang sering digunakan untuk kebutuhan WiFi ini, kebanyakan adalah smartphone, PC, maupun laptop. Namun seiring dengan perkembangan bisnis, jaringan WiFi juga dibutuhkan untuk kebutuhan perbankan seperti mesin EDC, dll.

Jika terkadang mengalami jaringan internet yang lemah, bisa mencoba cara memperkuat sinyal WiFi agar lebih stabil berikut ini.

1. Gunakan Aplikasi Penguat Sinyal

Cara memperkuat sinyal wifi yang pertama adalah dengan menggunakan aplikasi penguat sinyal. Aplikasi penguat sinyal yang cukup populer, diantaranya seperti WiFi Signal Booster, WiFi Manager, WiFi Master dan juga WiFi Doctor.

Aplikasi ini dapat diunduh melalui Google Play Store untuk versi Android, dan App Store bagi yang menggunakan perangkat versi IOS.

Cukup banyak fitur penguat sinyal yang dapat digunakan pada aplikasi ini, agar jaringan menjadi lebih stabil. Salah satu contohnya adalah fitur Boost, yang tidak hanya dapat memperkuat, tapi juga menstabilkan sinyal WiFi.

2. Restart Router Secara Berkala

Beberapa perangkat seperti PC, laptop, maupun smartphone, sesekali bisa mengalami masalah pada WiFi routernya. Umumnya, jika dipakai dalam jangka waktu yang cukup panjang.

Agar tidak sering terjadi, reboot dan restart router secara berkala, agar kinerja dan performa WiFi bisa lebih stabil dan optimal. Meskipun terbilang sederhana, namun cara ini terbukti cukup efektif untuk dilakukan.

3. Cek Pengaturan WiFi

Cara berikut untuk memperkuat sinyal WiFi adalah, dengan melakukan pengecekan pengaturan WiFi. Ikuti beberapa langkahnya berikut ini:

  • Pilih opsi Pengaturan pada perangkat yang digunakan.
  • Klik WiFi dan pilih Advance Setting.
  • Pilih WiFi yang tersedia di lokasi sekitar.
  • Tunggu hingga perangkat menampilkan WiFi dengan koneksi terbaik sebelum memilihnya.

4. Pindahkan Posisi Router

Agar lebih stabil, pastikan router ditempatkan pada posisi yang strategis. Contohnya pada lokasi yang terbuka, dan tidak terhalang oleh apapun. Sedangkan untuk tempatnya, bisa berupa meja, digantung pada dinding maupun eternit, dan lain sebagainya.

Apabila jika terhalang oleh tembok, biasanya router WiFi tidak dapat memancarkan sinyal yang kuat dan stabil. Selain itu, tempatkan juga di area yang dekat dengan perangkat. Dan jika kesulitan mencari spot terbaik, gunakan aplikasi WiFi FDTD Solver.

Selain itu, sebaiknya jauhkan posisi router dari perangkat elektronik lainnya. Pasalnya, beberapa perangkat seperti microwave, radio, dan lainnya, bisa menjadi pemicu wifi menjadi tidak stabil dan lemah.

5. Mengatur Ulang Frekuensi Router

Cara memperkuat sinyal WiFi juga dapat dilakukan dengan mengatur ulang frekuensi router, dan ikuti langkahnya berikut ini:

  • Buka opsi Pengaturan pada perangkat.
  • Pilih menu WiFi dan Advanced Settings, dan yang terakhir pilih. 
  • Lanjutkan dengan memilih WiFi Frequency Band untuk mengatur ulang frekuensi.

Sebaiknya atur ulang frekuensi router menjadi 5 GHz, karena  memiliki lebih banyak ruang kosong, dibandingkan dengan frekuensi 2.4 GHz.

6. Gunakan Router Tipe Terbaru

Apabila sinyal WiFi mulai tidak stabil, ada kemungkinan karena router yang digunakan adalah tipe lama. Setiap router WiFi, umumnya menuliskan modelnya dengan tipe A, B, G dan juga N sebagai yang terbaru.

Secara tidak langsung, tipe tersebut juga merefleksikan teknologi hardware yang digunakan WiFi. Menggunakan router terbaru, sama halnya dengan melakukan upgrade teknologi pada jaringan WiFi. Sehingga, sinyalnya akan menjadi lebih stabil dan kuat.

7. Perbarui Firmware

Cara memperkuat sinyal WiFi yang terakhir adalah dengan memperbarui firmware. Untuk melakukannya, ikuti saja beberapa tahapan berikut ini:

  • Buka halaman Pengaturan pada perangkat.
  • Pilih opsi System atau Software Update.

Demikianlah, sedikit informasi mengenai 7 cara memperkuat sinyal WiFi agar lebih stabil. Semoga bermanfaat, dan dapat membantu permasalahan jaringan internet yang suka naik turun tanpa diduga.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow