Akun Gmail Usang Bakal Dihapus Google

Google berencana akan menghapus akun-akun Gmail yang terdeteksi tidak asa aktifitas atau tidak aktif mulai 1 Desember 2023.

Aug 9, 2023 - 02:10
 0
Akun Gmail Usang Bakal Dihapus Google

Google berencana akan menghapus akun Gmail yang terdeteksi tidak ada aktifitas atau tidak aktif mulai 1 Desember 2023.

Hal tersebut dilakukan untuk memperkuat keamanan Google, google berupaya lebih ketat demi menjaga informasi pribadi dan mencegah akses tidak sah ke akun pengguna lewat perlindungan bawaan.

Untuk menjaga keamanan data pengguna google, termasuk ketika tidak lagi menggunakan akun Google, pihak google juga berupaya meminimalkan durasi penyimpanan file pribadi.

Mulai kemarin, Selasa (8/8), Google telah mulai menerapkan kebijakan yang berlaku untuk setiap akun Google. Akun yang tidak login atau tidak digunakan dalam kurun waktu dua tahun, otomatis akan dihapus pada awal Desember 2023.

“Kami memperbarui periode tidak aktif untuk Akun Google menjadi dua tahun di semua produk dan layanan kami,” kata Google dalam pengumuman yang dikirim melalui gmail.

Sebelum melakukan penghapusan akun, Google akan mengirim email pengingat kepada pengguna, setidaknya 8 bulan sebelum tindakan penghapusan dilakukan agar pengguna dapat aktif menggunakan Gmail atau bisa menghapus konten atau data yang ada di dalam akun mereka.

“Setelah Akun Google dihapus, alamat Gmail untuk akun yang dihapus tidak dapat digunakan kembali dan tidak dapat didaftarkan kembali,” tambah Google.

Setidaknya, ada beberapa cara yang mudah untuk membuat Akun Google tetap aktif adalah dengan login ke akun setidaknya sekali setiap dua tahun karena nantinya akun ini akan dianggap aktif dan terhindar dari penghapusan akun.

Simak Cara agar akun Google tidak terhapus berikut ini.

  1. Mengirim atau menerima email lewat akun Gmail
  2. Menggunakan Google Drive
  3. Menonton video YouTube
  4. Membagikan foto
  5. Mendownload aplikasi di google play store
  6. Menggunakan Google Penelusuran
  7. Login dengan Google kalian untuk masuk ke aplikasi atau layanan pihak ketiga.

Akun Google dengan channel, video, atau komentar YouTube, akun yang memiliki kartu voucher atau saldo, dan akun yang memiliki aplikasi yang dipublikasikan di Google Play Store tidak akan dihapus oleh Google.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow