Alami Kesulitan Print Bolak-balik? Simak Cara Print Dokumen Pada Kertas Bolak-balik

Bagi sebagian orang banyak yang belum pernah print dokumen pada kertas bolak-balik tentu akan merasa kesulitan ketika ingin print dokumen pada kertas bolak-balik.

Oct 30, 2023 - 02:05
Oct 30, 2023 - 02:06
 0
Alami Kesulitan Print Bolak-balik? Simak Cara Print Dokumen Pada Kertas Bolak-balik

Saat ini mengetik merupakan aktivitas yang banyak dilakukan orang, meliputi aktivitas belajar atau bekerja. Bagi anak sekolah dan mahasiswa mengetik tugas sudah menjadi hal biasa begitupun dengan orang yang bekerja kantoran.

Saat selesai mengetik, terkadang dokumen harus diprint bukan disimpan berupa file. Umumnya dokumen diprint pada satu halaman dalam selembar kertas namun ada juga dokumen yang diprint pada selembar kertas secara bolak-balik. 

Bagi sebagian orang banyak yang belum pernah print dokumen pada kertas bolak-balik tentu akan merasa kesulitan ketika ingin print dokumen pada kertas bolak-balik.

Untuk mengatasi hal tersebut, berikut penjelasan cara print dokumen pada kertas bolak-balik.

Print dokumen secara manual 

Apabila ingin print dokumen pada kertas bolak-balik secara manual dapat dilakukan dengan beberapa langkah berikut ini.

  1. Buka file pada Word.
  2. Pilih kolom PRINT.
  3. Klik MANUALLY PRINT ON BOTH SIDES.
  4. Setelah klik MANUALLY PRINT ON BOTH SIDES terdapat pemberitahuan mengisi ulang kertas yang sudah dicetak.

Saat muncul perintah tersebut maka taruh kertas bagian belakang yang masih kosong ke dalam printer. Agar bisa print dokumen pada kertas bolak-balik, printer harus memiliki kemampuan duplex (bolak-balik).

Namun apabila tidak mengetahui kepastian bahwa printer yang digunakan memiliki kemampuan duplex (bolak-balik) maka dapat mengeprint dengan cara otomatis.

Print dokumen secara otomatis

Untuk print dokumen pada kertas bolak-balik dapat dilakukan secara otomatis pada printer. Sebenarnya cara berikut merupakan cara paling mudah dilakukan.

Adapun langkah-langkah yang dilakukan yaitu harus mengatur pengaturan printer sebelum mengeprint dokumen. Langkah-langkah pengaturan printer sebagai berikut.

  1. Klik FILE pada halaman utama Word.
  2. Klik PRINT pada kolom sebelah kiri layar.
  3. Kursor diarahkan ke pilihan PRINT, klik pengaturan di bawah tulisan PAGES.
  4. Pilih PRINT ON BOTH SIDES.
  5. Atur halaman yang akan dicetak.
  6. Setelah selesai pengaturan halaman, klik PRINT.
  7. Dokumen yang ingin diprint secara otomatis akan tercetak dengan format bolak balik pada kertas.

Print dokumen melalui Microsoft Word

Cara lain untuk print dokumen pada kertas bolak-balik maka dapat dilakukan dengan menggunakan Microsoft Word. Hal ini dilakukan apabila secara manual dan otomatis tidak dapt dilakukan.

Adapun langkahnya dengan cara klik PRINT dan cari pilihan pada kotak yang mengeprint dua sisi. Dapat dilihat ketika muncul menu Double-Sided, 2-Sided atau Duplex.

Namun sebelum mengeprint dokumen sebaiknya periksa dahulu pengaturan pada menu PRINT. Selain itu harus mengetahui spesifikasi printer sesuai di buku panduan.

Ketika print dokumen pada kertas bolak-balik terkadang terdapat beberapa kendala yang dihadapi misalnya tidak menemukan menu percetakan duplex di Word.

Oleh karena itu, perlu membaca buku panduan mengenai spesifikasi printer secara manual. Tujuannya untuk mengetahui printer memiliki kemampuan print bolak-balik (duplex).

Print dokumen melalui internet

Apabila tidak mengetahui spesifikasi printer maka ada cara lain untuk dapat mengeprint dokumen pada kertas bolak-balik yaitu dengan cara mengunjungi situs resmi.

Situs resmi tersebut disesuaikan dengan merk printer berdasarkan seri printer. Untuk lebih akurat mengenai merk printer dapat dicari melalui laman google.

Setelah mengetahui beberapa cara tersebut maka mengeprint dokumen pada kertas bolak-balik diharapkan akan menjadi lebih mudah untuk dilakukan.

Cara yang paling mudah mengeprint memang dilakukan secara otomatis pada printer sehingga dapat mengefisienkan waktu dan tenaga untuk menyelesaikan tugas dan pekerjaannya.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow