Bagaimana Cara Media Sosial Mempengaruhi Citra Diri Seseorang?

Citra diri, perlu dilakukan dalam hidup sosial. Ini berkaitan dengan skill dan kepentingan. Berbagai cara bisa ditempuh, untuk mendapatkan citra diri yang baik, salah satunya lewat media sosial.

Sep 7, 2023 - 01:13
 0
Bagaimana Cara Media Sosial Mempengaruhi Citra Diri Seseorang?

Citra diri, perlu dilakukan dalam hidup sosial. Ini berkaitan dengan skill dan kepentingan. Berbagai cara bisa ditempuh, untuk mendapatkan citra diri yang baik, salah satunya lewat media sosial. Media sosial, di jaman sekarang sangat penting dalam membuktikan diri (eksistensi) ke khalayak luas.

Membangun citra diri, sangat perlu dilakukan per orang, karena ini berkaitan dengan image, entah baik, buruk, itu tergantung pada dirimu. Pastinya, terdapat cara-cara tertentu dalam menempuh hal tersebut, salah satunya menggunakan cara lewat media.

Seperti apa?

1. Bangun Kepercayaan pada Diri dan Berpikir Optimis

Kepercayaan diri, bisa membawa ke arah positif, dari situ kita akan lancar dalam melakukan suatu hal, dan tanpa ragu. Kebanyakan, dengan rasa percaya diri yang tinggi dan yakin, membuat apa yang kita inginkan tercapai atau sesuai dengan ekspektasi. Percaya diri, membawa semangat dalam beraktivitas.

Selain percaya diri, perlu diimbangi dengan rasa yakin (optimis). Saat menjadi pribadi yang optimis, maka dalam menggapai suatu hal tidak ragu-ragu dan pantang menyerah. Ini membangun citra diri secara pribadi di ranah sosial, dan bisa dipublikasikan ke media sosial sebagai contoh /panutan.

2. Mulai Banyak Memberikan Ilmu dan Terus Belajar

Sebagai seseorang yang ingin membangun citra diri baik, perlu adanya belajar dalam mencari ilmu maupun memberi ilmu. 2 hal ini, sama-sama perlu diraih, agar seimbang dan terus belajar. Dari terus belajar, menemukan informasi-informasi yang baru untuk personal branding kamu.

Memberi ilmu dengan apa yang kamu punya dan bisa. Kamu bisa saja jadi seorang influencer di media sosial, dengan kemampuan yang mumpuni, dan daya tarik yang dimiliki, bisa mengajak maupun membius netizen dalam menerima ilmu kamu.

3. Coba Effort dalam Citra Diri yang Baik

Pasti, tidak dipungkiri, kebanyakan yang memiliki citra diri baik, dianggap sebagai panutan dan dicintai banyak orang. Dari situ, banyak pihak yang memanfaatkan secara komersil maupun tidak akan orang-orang tersebut. Entah jadi endorse, influencer, motivator, konten kreator, dan lain sebagainya.

Keuntungan untuk diri sendiri, soft skill bertambah, cuan melimpah. Jangan ditanya, di era digital ini, kita harus pintar dan cerdas dalam bekerja tanpa perlu ngoyo terlalu. Kerja efisien di jaman digital adalah kunci, dan sudah banyak yang mencari pekerjaan tersebut. Beruntunglah, bagi yang punya citra baik.

4. Lakukan Personal Branding di Media Sosial

Di jaman digital, seseorang akan ketahuan citra dirinya juga melalui akun media sosial yang ia punya. Semakin bagus ia memanfaatkan media sosial untuk ini, maka semakin diperhitungkannya pula untuk mengikuti atau menjadi suatu hal, misal dalam hal pekerjaan.

Sekarang, banyak perusahaan yang merekrut pegawai dengan melihat akun media sosialnya dulu. Apalagi pekerjaan yang berkaitan dengan digital, diharuskan seperti itu, aktif dalam bermedia sosial. Bagi perusahaan yang membutuhkan effort tinggi akan hal ini, biasanya membutuhkan peranmu.

5. Effort Sewajarnya, sesuai dengan Kebutuhan Masing-masing

Jadi, jangan effort terlalu tinggi menjadi perfect, karena kata kuncinya, jika kamu ingin diterima di tempat kerja yang kamu inginkan, kenali apa yang mereka butuhkan. Pegawai seperti apa yang mereka butuhkan, target dan spesifikasi kerja seperti apa yang mereka sediakan. Apakah kamu sanggup?

Dan apakah perusahaan sanggup menerima ekspektasimu juga? misal, dalam hal gaji. Jadi, semua diperhitungkan, termasuk pengalamanmu dan personal branding yang kamu dapat. Tidak asal-asalan dalam memilih pekerjaan, begitu juga dengan perusahaan yang notabane-nya ingin jangka lama.

6. Bangun Citra Diri dengan Maksimal

Seperti ulasan sebelumnya, bahwa di era digital saat ini, manfaatkan yang namanya personal branding lewat medsos. Dari situ, maksimalkan pencapaian dari semua sisi, apalagi yang kamu bisa atau ahli. Misal, kamu aktif di IG, maka maksimalkan akun pribadimu dengan feed dan quote yang ada.

Feed dan quote, dibuat untuk menggambarkan siapa kamu, dan bagaimana tentangmu. Apakah diterima oleh orang banyak, atau layak untuk disanjung dan dijadikan lebih baik lagi? Semua tergantung pada effort kamu. Pastikan, tampilan dalam medsos sesuai dengan pencapaianmu, agar tidak menipu.

Selain di atas, konsep dalam bermedsos juga dipikirkan yah, agar lebih strategis, dan target cepat terpenuhi, akan yang namanya citra diri dan personal branding. Dari situ, akan mempengaruhi kehidupanmu secara maksimal dan positif. Good luck.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow