Bingung Atasi Laptop Kedap Kedip? Ini 5 Cara Memperbaiki Layar Laptop Kedap Kedip

Layar laptop berkedip dapat menjadi gangguan pada pekerjaan yang sedang dilakukan.

Sep 20, 2023 - 20:10
 0
Bingung Atasi Laptop Kedap Kedip? Ini 5 Cara Memperbaiki Layar Laptop Kedap Kedip

Ketika laptop digunakan dalam waktu yang lama maka layar laptop berkedip. Hal ini tentu menyebabkan menghambat dan dapat menghentikan aktivitas yang ada. Layar laptop berkedip dapat menjadi gangguan pada pekerjaan yang sedang dilakukan.

Apabila layar laptop berkedip seperti itu dapat dipastikan jika sumber listrik yang mengaliri laptop sedang tidak stabil. Selain itu terdapat beberapa kemungkinan yang dapat menyebabkan layar laptop kedap kedip.

Pada dasarnya laptop memiliki penyebab yang sama dengan televisi yang kedap kedip yaitu catu dayanya yaitu AC. Daya listrik untuk laptop berupa catu daya AC dan saat tegangan terlalu banyak maka layar akan kedap kedip.

Berikut ini beberapa cara memperbaiki layar laptop kedap kedip.

1. Bersihkan layar laptop untuk menghilangkan debu dan kotoran

Layar laptop kedap kedip dapat terjadi karena adanya komponen internal layar. Selain itu dapat disebabkan dari kotoran yang ada pada permukaan layar sehingga mengakibatkan listrik statis. Cara memperbaiki layar laptop kedap kedip tersebut maka dapat menghilangkan kotoran dari layar laptop.

Hal yang dilakukan dengan membersihkan layar laptop segera dan secara benar. Adapun caranya dengan menggunakan kain lembut dan menggosok permukaan layar laptop dengan air secara perlahan. Apabila membersihkan layar laptop yang memiliki debu dan kotoran tinggal sedikit lagi maka dapat menggunakan kain yang kering. Sehingga akan menghilangkan debu dan kotoran yang tersisa pada layar laptop.

2. Bersihkan layar laptop

Salah satu cara memperbaiki layar laptop kedap kedip yaitu dengan membongkar dan membersihkan layar laptop. Membongkar layar laptop sebenarnya sangat sederhana tetapi apabila tidak memahaminya tentu terlihat rumit.

Saat membuka dan menutup laptop sebenarnya laptop terdiri dari bagian yang berlapis. Layar laptop terletak di atas panel LCD dan di bawahnya terdapat kaca pelindung. Kaca pelindung ini merupakan melindungi panel LCD dari kerusakan.

Selanjutnya di bawah ada lapisan logam dan plastik yang melindungi sirkuit laptop. Untuk beberapa laptop memiliki baterai yang dapat dilepas dan ada yang terpasang secara permanen. Apabila memiliki baterai laptop yang dapat dilepas maka sebaiknya harus selalu melepasnya sebelum membersihkan layar laptop tersebut.

3. Bagian laptop ada yang terbakar

Laptop apabila digunakan dalam waktu yang lama akan menjadi panas bahkan dapat menyebabkan mati. Hal itu terjadi karena laptop mengalami masalah burn-in. Untuk mengetahuinya maka harus membuka laptop dan melihat bagian bawah layar.

4. Perbaiki konektor yang rusak

Apabila telah mendapati layar laptop kedap kedip maka dapat mengecek kabel pada laptop. Hal tersebut dapat terjadi apabila koneksi kabel laptop longgar sehingga dengan koneksi yang buruk itu dapat menjadikan layar laptop kedap kedip.

Cara memperbaiki layar laptop kedap kedip yang disebabkan koneksi kabel laptop maka dapat mencoba mencabut kabel dari bagian belakang laptop. Kemudian memasangnya kembali dan menggerakkan kabel sampai layar laptop mulai berkedip.

5. Layar kemungkinan rusak

Ketika menggunakan laptop sebaiknya menguji layar laptop tersebut karena untuk memastikan adanya cacat visual pada layar laptop. Mengenai hal ini melakukan pengecekan sendiri dapat dilakukan dengan menemukan sumber cahaya dengan kecerahan sama dengan layar laptop.

Untuk mengecek maka memerlukan sumber cahaya yang ideal yaitu senter LED, jika tidak memilikinya dapat mengganti dengan bola lampu. Hal yang dapat dilakukan yaitu dengan memegang senter LED atau bola lampu di sebelah layar laptop. Sehingga dapat menemukan beberapa cacat visual yang ada pada layar laptop.

Demikianlah beberapa cara memperbaiki layar laptop kedap kedip yang dapat kamu coba sehingga layar laptopmu menjadi normal kembali.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow