Cara Memulai Bisnis Online

Mau berbisnis online tapi bisnis apa ya? Ikuti langkah cara memulai bisnis online di bawah ini agar Anda bisa berbisnis online dengan sukses.

Oct 28, 2023 - 12:16
 0
Cara Memulai Bisnis Online

Mau berbisnis online tapi bisnis apa ya? Ikuti langkah cara memulai bisnis online di bawah ini agar Anda bisa berbisnis online dengan sukses.

Bisnis online merupakan peluang usaha yang paling bersinar di masa kini dan diprediksi akan meningkat di tahun-tahun mendatang. Hal tersebut dikarnakan bisnis online adalah bisnis yang fleksibel dan tidak memerlukan banyak modal dalam pergerakannya sehingga menjadi peluang besar bagi siapapun yang hendak memulai bisnis online dalam bidang penjualan.

Tapi bagaimana cara memulai bisnis online yang sesuai dengan personal Anda?

Ada banyak hal dan pilihan di dunia online yang bisa digarap maka persaingan bisnis pun semakin ketat, bahkan  Anda  harus menjamin agar tidak salah pilih ke depannya. Untuk itu ada beberapa langkah penting yang harus Anda lakukan sebagai langkah awal memulai bisnis online yang sukses.

Langkah pertama:

Wujudkan sekarang, jangan tunda

Sebaiknya wujudkan sekarang jika Anda berniat bisnis online. Jika menundanya, bisnis tersebut tidak akan terwujud karena terganjal keraguan dan ketakutan yang menumpuk di benak Anda. Selain itu bisnis online adalah bisnis yang fleksibel yang bisa Anda mulai kapan saja dari smartphone dan komputer. Bahkan, untuk memulainya Anda hampir tidak memerlukan modal kecuali kuota internet saja.

Langkah kedua:

Tentukan apa yang akan dijual ‘Produk atau Jasa’

Hanya Anda yang bisa mengukurnya; passion dan minat. Saat Anda mengidentifikasinya maka Anda akan mampu menentuka apa yang akan dijadikan ladang bisnis. Jika hendak berjualan produk, Anda bisa menjadi dropshipper, reseller dan pre order. Semuanya sah!

Jika Anda berbakat dan terampil pada suatu hal maka Anda perlu berbisnis jasa, seperti kursus baking dan cooking secara online, kursus bahasa, kursus photography, kursus lettering / kaligraphy dan masih banyak lagi. Anda hanya perlu tahu dimana minat dan skill Anda.

Langkah ketiga:

Pilih produk atau jasa yang laris

Ini penting, saat Anda menentukan produk dan jasa sebaiknya pilih yang sedang best seller atau trend di pasaran, karena hal tersebut dipengaruhi dengan fakta pengguna internet/ pembeli online kebanyakan. Seperti halnya pengguna facebook adalah kebanyakan orang dengan rate usia tertentu, yakni usia remaja hingga 30-an sehingga Anda bisa menjual produk atau jasa dengan kebutuhan rate usia tersebut.

Menurut Fahmi Hakim dalam isi mentornya mengenai bisnis online, jika hendak berjualan maka perhatikan data agar penjualan laris. Mengingat bisnis online harus memiliki cashflow yang baik maka upayakan memilih produk yang sedang trend, artinya produk yang sedang digemari di pasaran online.

Bagaimana cara menentukan produk yang laris? – cara memulai bisnis online

1. Melihat data pasar

Anda bisa googling atau sambangi situs-situs tertentu untuk mengumpulkan  informasi mulai dari data dan fakta mengenai siapa saja pengguna internet dan  rate usia berapa yang biasa berbelanja secara online sehingga menambah wawasan Anda untuk mencari peluang dan target sasaran.

2. Melihat trend – cara memulai bisnis online

Anda bisa stalking ke beberapa lapak ecommerce terkenal untuk melihat produk apa yang best seller, atau Anda dapat memantau peristiwa atau hal apa yang sedang viral atau booming di social media. Nah, dari situ Anda bisa mendapatkan referensi produk apa yang sedang tren. Dengan catatan, pilih produk yang nilai tren-nya tidak singkat atau sesaat, karena sangat berpengaruh pada minat pasaran.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow