Cara Mengganti LCD HP Oppo, Bisa Lakukan Sendiri

Memiliki HP tidak selamanya selalu dalam kondisi baik, ketika HP mengalami kerusakan tentu akan segera diperbaiki. Begitu pula saat HP ternyata pecah LCD sehingga harus diganti.

Oct 30, 2023 - 01:46
 0
Cara Mengganti LCD HP Oppo, Bisa Lakukan Sendiri

Memiliki HP tidak selamanya selalu dalam kondisi baik, ketika HP mengalami kerusakan tentu akan segera diperbaiki. Begitu pula saat HP ternyata pecah LCD sehingga harus diganti.     

Untuk mengganti LCD pada HP Oppo yang dimiliki maka solusinya diganti dengan LCD yang baru. Bagi yang tidak memahami dunia perbaikan HP maka untuk mengganti LCD HP tersebut dibawa ke tempat servis HP.

Namun pada dasarnya untuk mengganti LCD pada HP Oppo bisa dikerjakan sendiri. Pengerjaannya memerlukan pemahaman yang tepat jadi bukan asal mencongkel HP saja. Penggantian LCD harus dilakukan dengan menggunakan teknik dan cara yang benar.

Oppo merupakan salah satu merek HP yang memiliki minat yang cukup banyak di Indonesia. HP Oppo memiliki desain dan kualitas yang sangat baik selain itu memiliki banyak fitur yang canggih. Diketahui pula jika HP Oppo secara kualitas berada diatas Hp merek Cina yang beredar.

Sehingga apabila ingin mencoba mengganti LCD HP Oppo secara otodidak tentu harus dilakukan dengan sangat hat-hati dan penuh ketelitian. Umumnya LCD di kunci dengan baut bintang dan ditutup dengan cover atau casing HP.

Secara teori tentu cara mengganti HP Oppo ini dilakukan dengan bantuan perekatan lem. Tetapi secara prakteknya hal ini sulit dilakukan apalagi bagi yang belum pernah mengerjakan sebelumnya.

Berikut ini cara mengganti LCD HP Oppo yang benar agar HP kembali dalam keadaan baik seperti sebelumnya.

  • Buka cover belakang HP.
  • Lepas baterai pada HP.
  • Panaskan tepi HP sampai lem perekat yang menghubungkan LCD dan body HP menjadi mencair atau lunak.
  • Lakukan hal tersebut secara menyeluruh pada sepanjang tepi HP.
  • Congkel salah satu tepi secara sedikit demi sedikit sampai LCD terangkat.
  • Lakukan dengan hati-hati.
  • Putar dan tidak diangkat secara paksa.
  • Lakukan dengan pelan-pelan.
  • Lepaskan soket yang menempel dan terletak di bagian depan atau disekitar area baterai.
  • Apabila LCD dan body utama sudah terangkat dan terpisah, bersihkan sisa lem yang terdapat di body HP menggunakan sikat gigi.
  • Setelah bersih secara menyeluruh, ambil bagian yang masih menempel pada LCD lama seperti speaker dan microphone.
  • Namun nantinya speaker dan microphone tersebut kembali dipasang pada LCD yang baru.
  • Lakukan proses ini dengan sangat hati-hati pula hingga kembali seperti keadaan semula.

Cara mengganti LCD HP Oppo ini pada dasarnya sangat mudah dilakukan. Meskipun bagi orang yang belum pernah melakukannya tentu diperlukan ekstra perhatian dan ketelitian.

Tetapi apabila telah lancar melakukan penggantian LCD ini sekali, dijamin akan merasa mudah jika harus mengganti LCD lagi di masa yang akan datang. Hal ini karena telah mengetahui tekniknya dengan baik dan terlihat pada hasilnya.

Terdapat beberapa kelemahan HP apabila mengalami kerusakan LCD dan harus mengganti LCD HP tersebut. Kelemahan tersebut antara lain:

Error pada touchscreen

Meskipun telah mengganti LCD baru namun kemungkinan besar akan mengalami kerusakan touchscreen kembali.

Kurangnya kontras pada layar HP

Kelemahan HP yang telah mengganti LCD baru adalah berkurangnya tingkat kecerahan layar karena adanya masalah pada bagian kontras system dengan LCD baru. Sehingga akan mengurangi kontras yang menyebabkan tidak tajam seperti sebelumnya.

Borosnya daya HP

Mengganti LCD HP ternyata berpengaruh pada daya HP, yang dapat membuat daya tidak bertahan lama. HP juga akan mengalami penurunan dari beberapa sistem sebagai kelemahan.

Demikianlah cara mengganti LCD HP Oppo sendiri tanpa harus dibawa ke tempat servis HP.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow