Cara Merawat Kulit Berdasarkan Jenisnya

Pakar tata rias dan spesialis perawatan kulit sering merujuk pada berbagai jenis kulit kering, berminyak, kombinasi dengan asumsi Anda tahu kategori mana yang Anda masuki.

Nov 24, 2023 - 20:49
 0
Cara Merawat Kulit Berdasarkan Jenisnya

Pakar tata rias dan spesialis perawatan kulit sering merujuk pada berbagai jenis kulit kering, berminyak, kombinasi dengan asumsi Anda tahu kategori mana yang Anda masuki.

Regimen perawatan kulit Anda tergantung pada jenis kulit Anda, tetapi tidak semua orang memiliki pemahaman yang baik tentang kulit mereka. 

Berikut ini beberapa cara merawat kulit berdasarkan jenisnya.

Cara Merawat Kulit Berdasarkan Jenisnya

Tidak yakin dengan jenis kulit yang Anda miliki? Lihat deskripsi mana yang paling cocok untuk Anda:

Kulit kering. : Kulit kering bisa bersisik dan mudah teriritasi. Jenis kulit kering lebih sensitive dari jenis kulit lainnya. Jika kulit Anda memiliki kualitas ini dan juga cenderung bereaksi terhadap beberapa (atau semua) produk kulit yang Anda coba, Anda memiliki kulit kering. Versi ekstrim dari kulit kering adalah kulit sensitif.

Kulit berminyak : Tes utama untuk menentukan apakah Anda memiliki kulit berminyak adalah ketika Anda mulai merasakan sedikit minyak di wajah Anda. Kebanyakan orang dapat merasakan sedikit minyak pada sore hari, tetapi jika Anda merasakan minyak sekitar tengah hari, Anda memiliki kulit berminyak. 

Kulit kombinasi : Jika deskripsi kulit kering cocok dengan pipi Anda, tetapi deskripsi kulit berminyak cocok dengan "zona-T" Anda (terutama area hidung dan alis), Anda memiliki kulit kombinasi.

Cara Merawat Kulit Kering

Kulit kering membutuhkan banyak perawatan yang lembut dan penuh kasih. Berikut adalah komponen kunci dari perawatan kulit kering:

Membersihkan kulit : Gunakan pembersih yang lembut. Anda harus bisa membersihkan di malam hari dan tidak harus membersihkan lagi di pagi hari. 

Oleskan retinol : Tetap pada retinol untuk anti-penuaan. Retinol bisa sangat baik untuk kulit kering. Namun, tidak semua orang dengan kulit kering bisa menggunakan produk retinol karena sensitif. Jika muncul iritasi, frekuensi pemakaian bisa dikurangi.

Oleskan produk dengan asam hialuronat : Hal lain yang bisa terjadi di bawah pelembab adalah produk asam hialuronat. Molekul itu sangat hidroskopis — ia menarik air di sekitarnya. Itu akan menjadi pelembab tambahan yang bagus untuk seseorang dengan kulit kering

Cara Merawat Kulit Berminyak

Jika Anda memiliki kulit berminyak, Anda akan lebih mudah menemukan produk perawatan kulit yang tidak mengiritasi, tetapi tantangan Anda adalah mengelola minyaknya:

Membersihkan kulit : Orang dengan kulit berminyak atau berjerawat harus mencuci dengan pembersih yang lembut pagi dan sore hari. Gosok ujung jari Anda dan gosok selama 30 detik sebelum dibilas.

Gunakan asam salisilat : Oleskan produk asam salisilat bebas alkohol, seperti bantalan Stridex, atau pembersih obat asam salisilat pada area berminyak pada kulit Anda. Lakukan ini dua atau tiga kali seminggu.

Melembabkan : Gunakan pelembab bebas minyak dengan SPF 30. 

Cara Merawat Kulit Kombinasi

Orang dengan kulit kombinasi akan mengikuti rutinitas dasar yang sama, tetapi harus menjadikannya sebagai tindakan penyeimbang, diambil dari rutinitas perawatan kulit untuk kulit berminyak dan kering:

Membersihkan kulit : Gunakan pembersih yang lembut. Sekali sehari seharusnya baik-baik saja kecuali Anda memiliki minyak yang signifikan di beberapa bagian wajah Anda.

Spot-treat dengan asam salisilat : Oleskan ini ke area wajah yang lebih berminyak setiap hari.

Melembabkan : Pilih produk bebas minyak dengan SPF 30 dan rawat area wajah yang lebih kering dengan pelembab yang lebih kaya.

Luangkan waktu untuk mengembangkan rutinitas perawatan kulit yang tepat untuk jenis kulit Anda. Jika Anda masih tidak yakin tentang cara merawat kulit Anda, bicarakan dengan dokter kulit tentang produk yang Anda gunakan dan pengaruhnya pada kulit Anda.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow