Cerita Jirayut: Artis Tanpa Privilege dengan Kisah Mengharukan

Punya karir yang cukup sukses di Indonesia, cerita Jirayut ternyata penuh dengan perjuangan. Ia harus bekerja keras karena berasal dari keluarga broken home, tak berpunya, dan sering dibully.

Aug 12, 2023 - 21:35
Aug 12, 2023 - 21:32
 0
Cerita Jirayut: Artis Tanpa Privilege dengan Kisah Mengharukan

Bicara tentang artis, tentu yang sering terbayangkan adalah kehidupan glamour dan serba mewah. Padahal, tak sedikit selebriti yang ternyata harus bersusah payah membangun karirnya selangkah demi selangkah. Misalnya saja yang diperlihatkan penyanyi asal Thailand bernama asli Afisan Jehderamae.

Cerita Jirayut alias Afisan kecil ternyata jauh dari kata privilege. Ia bukan dari kalangan orang berada yang tinggal di kota urban seperti Jakarta. Jirayut meniti karirnya dengan kerja keras yang tidak main-main.

Hasilnya memang saat ini mulai berbuah manis. Di channel youtubenya, ia membagikan momen-momennya saat berusaha menyenangkan keluarganya. Ia sudah bisa membeli mobil sendiri, memberikan uang untuk saudaranya, hingga membangun rumahnya di Thailand selatan sana.

Tapi di luar itu, ia memang memiliki latar belakang yang kurang beruntung. Ada banyak sekali hal yang membuat sang lulusan D’Academy Asia ini patut dipuji atas kesuksesannya. 

Cerita Jirayut: dari Keluarga Broken Home yang Tak Berpunya

Jirayut lahir pada tanggal 24 Februari 2001 di distrik Su-ngai Padi Thailand. Tempat tinggalnya ternyata merupakan bagian dari wilayah konflik negeri Gajah Putih tersebut. Tak jarang terjadi gejolak yang menelan korban jiwa akibat isu agama dan separatisme.

Keluarganya sendiri bukan merupakan keluarga yang kaya atau terpandang. Ayahnya berprofesi sebagai tukang bangunan yang harus menghidupi 4 anak dan seorang istri. 

Namun, ironisnya, keluarga kecil itu pun tidak harmonis. Saat berusia 10 tahun, kedua orangtuanya bercerai. Sejak saat itulah, ayahnya merantau ke Bangkok dan ibunya menjadi TKT alias Tenaga Kerja Thailand yang merantau ke Malaysia.

Jirayut kecil mau tak mau harus tinggal dengan neneknya yang sudah renta. Bullying juga menjadi makanan sehari-hari penyanyi dangdut ini. Ia kerap dipermainkan teman-teman lelakinya karena dianggap lemah. Alhasil, ia lebih sering bermain dengan siswi-siswi perempuan.

Dari Awal yang Sedih, Cerita Jirayut Berbuah Manis Saat Mengikuti DA 4

Meski mengalami berbagai kemalangan, namun artis ini tidak mudah berputus asa. Malah ia sudah memiliki berbagai prestasi saat di sekolah. Ia pernah juara lomba menyanyi dan mewakili daerahnya mengikuti kompetisi voli antar daerah di Thailand.

Bakat menyanyi inilah yang kemudian membuat Jirayut bisa masuk ke D’Academy Asia 4. Padahal saat itu Bahasa Indonesianya belum lancar. Ia harus dibantu oleh penerjemah ketika berinteraksi dengan para juri di panggung.

Jirayut juga mengaku sempat mendapatkan bullying dari netizen Indonesia. Tak sedikit komentar buruk yang ia terima hanya karena ia berasal dari Thailand.

Untungnya, sang artis memiliki mental yang kuat. Setelah kalah di D’Academy Asia 4, ia tidak lantas pulang. Ia tetap bertahan di Indonesia karena tak mau ibunya harus mengais rezeki di Malaysia.

Pelan namun pasti, cerita Jirayut mulai memperlihatkan akhir yang manis. Ia kini bukan hanya dikenal sebagai penyanyi bersuara merdu lho. Ia juga sering menjadi host di berbagai acara. Ia pun acap diundang di berbagai podcast milik nama-nama terkenal seperti Denny Sumargo.

Fanbase artis bermuka imut ini juga cukup kuat. Ia memiliki penggemar berat yang terkumpul dalam JNations. 

Namun ia tetap tak melupakan keluarganya. Saat momen lebaran tiba, ia selalu berusaha pulang ke rumahnya di Thailand yang sangat sederhana. Ia juga merupakan sosok yang sangat ikhlas dan pemaaf. Buktinya di lebaran terakhir kemarin, ia bahkan menghadiahi istri baru ayahnya dengan sebuah perhiasan emas.

Keren ya cerita Jirayut? Meski tanpa privilege, ia tetap bisa meraih kesuksesan dengan tanpa melupakan keluarga sederhananya di Narathiwat sana.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow