Etika Berjualan Online

Jika Anda memperhatikan etika berjualan online, tidak mustahil toko online Anda berkembang sukses dan berhasil.

Oct 28, 2023 - 12:35
 0
Etika Berjualan Online

Jika Anda memperhatikan etika berjualan online, tidak mustahil toko online Anda berkembang sukses dan berhasil.

Seperti apa etika berjualan online? Memang tidak ada peraturan tertulis mengulas etiket bagaimana berjualan online secara  resmi namun etika merupakan hal alamiah yang datang dari dalam diri seorang bagaimana memperlakukan  orang keduanya agar merasa nyaman, termasuk berjualan online antara penjual dan pembelinya. Artikel ini diulas berdasarkan pengalaman para penjual online dengan pengalaman yang lebih dari 5  tahun seperti dilansir dari beberapa sumber.

Etika berjualan online

Pertama

Deskripsi barang yang detail dan jujur. Barang yang dijual sesuai dengan foto produk yang dijual.  Lansirkan deskripsi produk dengan detail dan cukup menjadi informasi  bagi si pembeli. Jika tidak tahu, Anda bisa menanyakan langsung kepada  supplier terkait.

Kedua – Etika Berjualan Online

Transaksi sesuai kesepakatan penjual dan pembeli. Beli dulu kemudian barang datang atau sebaliknya, keduanya sah –sah saja jika Anda memiliki kesepakatan dengan pembeli. Hanya pastikan saja kesepakatan tersebut tidak merugikan kedua belah pihak.

Ketiga

Gunakan kata-kata yang baik dan sopan. Semua pertanyaan dan komentar yang dating, wajib Anda respon dengan kata-kata baik dan sopan terutama menghadapi complain atau penawaran harga yang tidak masuk akal dari konsumen. Ingat, reputasi toko Anda adalah asset penting bagi perkembangan bisnis Anda.

Keempat

Selesaikan tawar-menawar dengan tuntas sampai mencapai kesepakatan. Menawar adalah hak pembeli, maka Anda harus menanggapinya dengan baik  sampai kesepakatan yang pas satu sama lain.

Kelima

Sistem penjualan yang jelas; ini semacam peraturan yang harus pembeli sepakati agar kinerja dan operasional di toko Anda berjalan lancar, seperti halnya; menginformasikan jam dinas Anda bisa melayani pelanggan dan informasi bagaimana memesan. Sistem semacam ini sebaiknya dicantumkan di cover wall atau bio profil toko online Anda agar bisa diketahui   Hal tersebut juga memberi kesan bahwa jualan Anda professional.

Keenam

Ucapkan terima kasih dan ungkapan menyenangkan untuk konsumen yang telah membeli produk Anda. Upaya ini akan membuat konsumen tahu bahwa Anda begitu menghargainya karena berbelanja di toko Anda. Itu  bisa menjamin konsumen tersebut kembali berbelanja di toko Anda, lho.

Ketujuh

Packing paket barang orderan dengan baik dan rapi dan menjamin barang dan paket tersebut lulus kualifikasi. Atas dasar itu mengapa foto barang orderan dan paket barang perlu diinformasikan kepada pembeli.

Kedelapan

Jujur dan jelaskan kondisi barang mengenai hal-hal yang berpotensi merusak barang serta perawatan yang sebaiknya dilakukan terhadap barang tersebut. Upaya ini justru akan menjadi nilai plus di mata pembeli  dan mencegah reputasi toko online menurun di mata pembeli  yang (kebetulan) kece

wa bahwa barang yang diterimanya tidak sesuai harapannya.

Kesembilan

Pengiriman yang cepat. Siapa yang tidak menginginkannya? Baik penjual maupun pembeli tentu merasa nyaman dan senang ketika paket pengiriman tersebut sampai di tangan pembeli secara cepat.  Tapi kondisi lokasi pembeli yang berbeda, masa pengiriman pun tak dapat dipastikan sesuai ketentuan namun Anda sebagai penjual masih memiliki tanggung jawab untuk memastikan barang tersebut sampai ke tangan pembeli. Anda bisa memberikan nomor resi pengiriman kepada pembeli  supaya memudahkannya dalam meninjau ekspedisi  pengiriman.

Anda sebaiknya ikut  membantu pembeli untuk tracking barang di tangan ekspedisi  jika memang barangnya tidak kunjung datang atau hilang karena kesalahan kurir, Anda bisa menghubungi layanan customer dari vendor pengiriman tersebut untuk  menuntaskan permasalahan tersebut dan pembeli Anda akan sangat menghargainya.

Kesepuluh

Sebagai penjual online, reputasi Anda adalah aset paling penting dalam berbisnis. Jangan bahayakan posisi Anda dalam komunitas online dengan posting atau respon yang tidak menyenangkan karena konsumen Anda bisa datang  dari segala penjuru, dan tentu saja sedikit kesalahan di internet maka hitungan detik bisa menyebar dan akan sulit teratasi.

Demikian etika yang harus dimiliki penjual online terhadap pembelinya.  Semoga bermanfaat.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow