Facebook Insight : Audience Wanita Adalah Target Pasar Online Selama Ramadan

Selama Ramadan wanita menjadi target pasar yang potensial dalam bisnis online. Fakta ini bisa menjadi salah satu cara agar penjualan online Anda meledakkan di Bulan Ramadan.

Oct 28, 2023 - 12:41
 0
Facebook Insight : Audience Wanita Adalah Target Pasar Online Selama Ramadan

Selama Ramadan wanita menjadi target pasar yang potensial dalam bisnis online. Fakta ini bisa menjadi salah satu cara agar penjualan online Anda meledakkan di Bulan Ramadan.

Fakta bahwa audience wanita adalah target pasar online selama Ramadan berasal dari data Facebook Indonesia yang ditentukan  berdasarkan keyword seputar Ramadan pada 1 April s.d 5 Agustus 2016.  Selama Ramadan pengguna Facebook didominasi oleh wanita, sebanyak 97 % posting post dilakukan wanita via mobile selama Ramadan.

Tentu data ini sepenuhnya dapat dikatakan bahwa wanita merupakan pasar tertarget selama Ramadan. pelaku usaha online shop bisa menangkap peluang untuk melejitkan penjualan.

Muncul pertanyaan;

“Mengapa wanita menjadi target pasar online yang potensial selama Bulan Ramadan?”

Wanita Cenderung Stress Selama Ramadan

Mengingat wanita berperan penting dalam urusan domestik selama Ramadan maka tingkat stress dan lelahnya pun tinggi. Kesibukannya menangani management domestic dan keluarga selama Ramadan membuat wanita minim memiliki waktu luang untuk  relaxing/ bersantai, nonton tv, atau meluangkan waktu dengan teman.

Faktor tersebut membuat wanita memilih Facebook mobile  menjadi teman setia sehingga mereka masih bisa berinteraksi sosial dengan teman dan tidak ketinggalan event tertentu meski terbilang sangat sibuk.

Tercantum 3 dari 4 wanita tetep terhubung dengan keluarga dan teman via social media meski jadwalnya sangat sibuk dan padat sebagai manager rumah tangga.

Dan menariknya  perbincangan  dan diskusi yang dilakukan wanita saat Ramadan adalah topic yang bersinggungan dengan stress yang dirasakannya sehingga mencari hiburan dan inspirasi di Facebook.  1 dari 2 wanita menggunakan Facebook untuk mencari inspirasi selama Ramadan.

Apa Sih yang Bikin Wanita Stress Selama Ramadan?

Aktifitas yang membuat wanita stress di bulan Ramadan, diantaranya:

Upaya rumah tetap bersih (30.6%);

Ramadan merupakan moment dimana seluruh keluarga berkumpul, tak ayal perhatian mengenai kebersihan rumah (khususnya living room dan bathroom) menjadi sangat penting bagi wanita. Terlebih menyambut Hari Raya, wanita senantiasa fokus mencari ‘suasana baru’ untuk kondisi rumah yang kelak akan menjadi tempat berkunjung keluarga besarnya.

Resep Masakan (30.4%);

Ramadan mendorong wanita untuk memasak lebih giat dua kali lipat. Hidangan berbuka dan sahur menjadi ‘Pekerjaan Rumah’ tersendiri untuk kebutuhan keluarga, termasuk mencari inspirasi hidangan yang tidak membosankan selama  satu bulan penuh berpuasa.

Berbusana menarik (27.9%);

Ramadan mendorong wanita untuk memperhatikan semua kebutuhan anggota keluarganya, termasuk berbusana di Hari Raya Lebaran. Tapi umumnya wanita juga memiliki konsen penuh atas dirinya sendiri; bagaimana penampilannya  sendiri bisa terlihat cantik dan fashionable di Hari Raya nanti maka tips mengenai fashion akan sangat dibutuhkan.

Hiburan keluarga dan teman (19.5%);

Misi ‘keep in touch’ dengan teman sepenanggungan adalah hal terbaik bagi wanita untuk bisa memenuhi kebutuhan sosialnya secara psikologis. Social media membuat semuanya jauh lebih mudah berinteraksi dan tentu saja sangat menghibur di tengah penat dan sibuk mengurusi kebutuhan keluarga selama Ramadan. Anda tidak bisa memungkiri saat Ramadan, postingan ‘menu berbuka puasa’ akan berseliweran di timeline facebook Anda. Percayalah bahwa umumnya yang melakukan hal itu adalah wanita dan sesama teman wanitanya sekedar berbagi resep atau berbangga diri.

Parenting (14.9%);

Inspirasi dan informasi mengenai parenting juga banyak dicari oleh wanita, entah hanya sekedar informasi bagaimana mendidik anak berpuasa, atau menahan emosi terhadap anak, dan banyak hal lainnya. Facebook menunjang kebutuhan parenting tersebut. Tak heran fanpage pakar atau praktisi edukasi selalu dibanjiri liker.

Fakta yang menarik, bukan? maka jelas alasan kenapa wanita merupakan target pasar online yang potensial  selama bulan Ramadan

Demikian ulasan mengapa wanita merupakan target pasar online yang potensial  selama bulan Ramadan. Semoga bermanfaat.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow