Formasi Khusus Talenta Digital Dalam Seleksi CPNS 2023

Formasi talenta digital dalam seleksi CPNS 2023 untuk menghadapi kebutuhan digitalisasi yang semakin meningkat di masa mendatang.

Aug 5, 2023 - 14:22
Aug 6, 2023 - 01:09
 0
Formasi Khusus Talenta Digital Dalam Seleksi CPNS 2023

Seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2023 akan segera dibuka, pemerintah membuka peluang untuk fresh graduate dengan formasi khusus talenta digital.

Formasi talenta digital dimasukkan dalam seleksi CPNS 2023 untuk memenuhi kebutuhan digitalisasi yang semakin meningkat.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB), Azwar Anas, mengungkapkan bahwa ada empat formasi prioritas dalam penerimaan CPNS 2023.

Salah satu dari empat formasi prioritas tersebut adalah talenta digital karena adanya program digitalisasi yang sedang berjalan.

Nah, Skill apa saja yang dibutuhkan oleh pemerintah untuk talenta digital? Berikut beberapa tren Digital Skill 2023 yang wajib dikuasai, diantaranya:

Coding

Skill coding menjadi hal utama yang harus dikuasai. Kebutuhan para pekerja dengan keterampilan coding terus mengalami peningkatan hingga tahun 2023, bahkan diprediksi akan terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Skill coding tidak hanya dibutuhkan para profesional teknologi saja, tapi juga dibutuhkan dalam berbagai sektor bisnis lainnya. Dalam menguasai coding, beberapa bahasa pemrograman seperti Java, PHP, SQL, Python, Ruby, dan bahasa pemrograman lainnya menjadi hal wajib dikuasai oleh para pekerja teknologi.

Skill coding dengan tingkatan Full stack developer sangat paling dicari karena dapat mendesain front end dan back end sekaligus. Front end berkaitan dengan pembuatan tampilan dari sebuah website atau aplikasi mobile, sedangkan back end berkaitan dengan pengaturan agar sistem dari program berjalan dengan baik.

SEO

Skill SEO berkaitan dengan konten berdasarkan keyword atau kata kunci. Pengoptimalan mesin pencarian dengan menggunakan keyword dapat membantu meningkatkan rangking pada mesin pencari sehingga meningkatkan traffic ke website perusahaan atau bisnis.

UI/UX Design

Skill UI/UX design sangat penting untuk memberikan pengalaman pengguna yang baik dalam menggunakan aplikasi atau website. UI/UX designer bertugas untuk mendesain tampilan website atau aplikasi yang menarik dan mudah diakses.

Social Media Strategy

Skill sosial media strategy dibutuhkan untuk mengatur strategi media sosial untuk bisnis. Melalui konten dan kampanye menarik, strategi media sosial diharapkan meningkatkan brand awareness dan traffic, serta menganalisis dan melacak insight media sosial.

Data Analyst

Data analyst memegang tanggung jawab yang besar dalam menerjemahkan dan menganalisis berbagai data untuk membantu perusahaan dalam membuat keputusan dan strategi yang tepat.

Skill data analyst dibutuhkan untuk mencari solusi dari masalah bisnis yang dialami dan juga memastikan keuntungan perusahaan tetap stabil bahkan mengalami peningkatan.

Formasi talenta digital menjadi salah satu langkah pemerintah dalam memenuhi kebutuhan digitalisasi yang semakin tinggi. 

Pemerintah berharap dengan adanya para profesional yang terampil dalam bidang teknologi digital dapat meningkatkan kualitas dan efisiensi layanan publik.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow