Kamu Pecinta Kuliner? Ini 5 Makanan Khas Sulawesi Tenggara Menggugah Selera

Indonesia kaya akan kuliner yang memanjakan lidah, ketika mengunjungi Kota Kendari harus mencoba makanan khas Sulawesi Tenggara yang kaya cita rasa.

Oct 23, 2023 - 01:55
 0
Kamu Pecinta Kuliner? Ini 5 Makanan Khas Sulawesi Tenggara Menggugah Selera

Apakah kamu sedang berlibur ke Kota Kendari? Jika iya maka wajib mencoba makanan khas Sulawesi Tenggara yang mampu menggugah selera.

Banyak masakan yang dihidangkan dengan bumbu khas dan rempah-rempah yang kuat. Namun hal inilah yang bikin pecinta kuliner ketagihan.

Berikut ini beberapa makanan khas Sulawesi Tenggara yang sangat enak dan lezat untuk dinikmati.

1. Kopusu Nosu

Kapusu nosu merupakan salah satu makanan khas Sulawesi Tenggara yang terbuat dari kacang merah dan dicampur bubur jagung.

Cara pembuatan kopusu nosu yaitu jagung ditumbuk kemudian dicampur dengan santan dan kacang merah. Diaduk dan dimasak selama kurang lebih satu jam sampai tercampur kental.

Kopusu nosu biasanya dimakan saat masih hangat disajikan dengan sayur nasuopa dan ikan kaholeo atau ikan kering dan sambal terasi.

2. Bubur Sagela

Bubur sagela dimakan sebagai menu sarapan namun bubur ini berbeda dengan bubur ayam. Bahan utama untuk membuat bubur sagela yaitu beras atau tepung beras.

Bubur ini menggunakan sagela atau roa yaitu nama ikan yang dikeringkan. Ikan sagela atau ikan roa merupakan sejenis ikan cucut dengan mulut lebih pendek.

Ikan sagela atau ikan roa ditumbuk halus dan dicampur dengan bumbu atau rempah-rempah. Adapun bumbu-bumbu dalam membuat bubur sagela antara lain bawang merah, bawang putih, cabai dan tomat, yang diolah menjadi sambal.

Selanjutnya sambal tersebut ditaburi di atas bubur sagela dan disantap ketika bubur masih hangat. Bubur sagela dilengkapi dengan taburan bawang goreng dan tomat.

3. Sate Gogos

Makanan khas Sulawesi Tenggara lainnya yaitu sate gogos. Sate ini tidak menggunakan daging sapi, ayam atau kambing namun berasal dari kerang.

Sate gogos juga ditusuk dengan bambu dan dibakar di atas arang. Tetapi sate ini tidak dilengkapi dengan bumbu kacang seperti sate pada umumnya.

Cara pembuatan sate gogos yaitu kerang direbus dengan bumbu-bumbu rempah. Pilihan rasanya bisa diberi bumbu sambal pedas atau manis.

Sehingga sate gogos memiliki rasa yang unik dan berbeda dengan sate kacang melainkan rasanya pedas manis.

4. Ikan Dole

Ikan dole adalah makanan khas Sulawesi Tenggara yang berbahan dasar ikan tenggiri. Sehingga kuliner ini memiliki rasa yang gurih dan lezat.

Cara membuat ikan dole yaitu ikan tenggiri dibalut dengan santan dan digoreng renyah dengan minyak panas hingga berwarna kecoklatan.

Ikan dole dihidangkan dengan parutan kelapa sehingga mengeluarkan aroma bawang yang khas. Biasanya disantap sebagai lauk atau cemilan.

5. Sop Konro

Sop konro ialah makanan khas Sulawesi Tenggara yang berkuah dengan bahan utama iga sapi atau daging sapi.

Kuah sop konro berwarna coklat kehitaman yang berasal dari kluwek. Rasa sop konro ini pedas dengan bumbu yang kaya rempah-rempah.

Adapun bumbu-bumbu yang digunakan dalam memasak sop konro berupa ketumbar, kluwek, kunyit, pala, kencur, kayu manis, asam, cengkih, daun lemon dan daun salam.

Pembuatan sop konro direbus cukup lama agar bumbu meresap ke dalam iga atau daging sapi. Sop konro disantap dengan nasi atau ketupat namun bisa juga hanya sup.

Sop konro dimasak menjadi masakan berkuah tetapi ada konro bakar yaitu iga sapi bakar. Konro bakar juga dimasak dengan bumbu rempah khas konro. Dalam penyajiannya kuah sop untuk konro bakar dipisah.

Nah, ketika mengunjungi Kota Kendari tentu harus mencicipi makanan khas Sulawesi Tenggara tersebut. Selain berlibur menikmati keindahan alam kamu juga kulineran yang pasti bikin ketagihan.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow