Kiat Jualan Online di Instagram

Pemula atau bukan dalam jualan online, promosi di Instagram tetap memiliki kiat promosi yang berbeda dengan social media lainnya. Apa saja? Yuk, simak!

Oct 28, 2023 - 11:38
 0
Kiat Jualan Online di Instagram

Ketika Anda hendak  jualan online maka sebaiknya perhatikan kiat-kiat promosi di Instagram berikut ini. Penjualan Anda akan meningkat drastis dengan mengaplikasikan kiat-kiat di artikel ini.

Pemula atau bukan dalam jualan online, promosi di Instagram tetap memiliki kiat promosi yang berbeda dengan social media lainnya. Apa saja? Yuk, simak!

Buatlah akun khusus dengan  logo brand

Selain untuk kepentingan branding, kiat ini akan mudah mendapatkan kepercayaan customer.  Membangun reputasi brand adalah salah satu rahasi jualan online, karena pada dasarnya orang perlu mengingat brand kita, semakin diingat dan dikenal maka makin tinggi juga penjual produk anda. Jadi, hindari menggunakan akun pribadi untuk jualan online.

 Lengkapi Profile dan Bio

Salah satu kiat agar tidak terkesan sebagai olshop abal-abal, anda harus mengisi profil dan bio dengan jelas dan mendeskripsikan toko Anda. di Bio, anda bisa mengisi dengan tautan link website atau alamat toko marketplace Anda.

Follow akun dengan produk jualannya sejenis

Salah satu cara mendapatkan follower yang banyak dalam waktu singkat adalah Anda mencari akun yang berjualan produk dengan jenis yang sama dengan apa yang Anda jual. Pastikan akun tersebut telah memiliki followers yang cukup banyak. Beberapa referensi menganjurkan minimal follow 50 ribu akun.

Hal ini disebabkan karena followers akun tersebut memiliki target pasar yang sama sehingga target yang Anda garap akan  tepat sasaran.

Gembok akun

Dengan mengunci akun, hal tersebut akan membuat akun lain penasaran untuk mem-follow Anda. Ketika akun masih dalam posisi dikunci, manfaatkan untuk mengunggah foto produk sebanyak-banyaknya. Tentu dalam hal ini lakukan juga strategi potongan harga, dengan mencantumkan harga lama yang dicoret dengan harga yang telah dipotong diskon. Pastikan juga harga yang kita banderol lebih murah dari akun kompetitor yang akan kita ambil followers-nya.

High Quality Photo

Anda berjualan dengan modal foto, dengan foto itulah semua penguinjung akan mempertimbangkan niatnya untuk membeli atau tidak. Maka Anda harus memiliki foto produk berkualitas, terlebih bagi pengusaha dropshipper, kendala foto teratasi karena foto produk yang disediakan adalah foto high quality).  Tidak hanya hiqh quality saja, Anda harus edit foto dengan menambahkan teks menarik, seperti icon diskon.

Gunakan hastag

Respon komentar follower

Memberikan respon berarti respect, bersikap respect itu selalu menyenangkan. Itulah yang akan dirasakan pengunjung atau follower anda ketika berhubungan dengan toko anda. tentu saja hal tersbut menjadi nilai lebih di mata customer.

Beri promo dan diskon

Gaya berjualan anda tidak akan monoton, ada baiknya anda membuat promo dan diskon pada produk-produk anda. promo dan diskon bisa anda uraikan dengan harga yang dicoret. Faktanya, harga yang dicoret mampu meningkatkan penjualan.

Publish foto testimony

Sesekali upload foto testimony untuk membangun kepercayaan customer terhadap toko Anda.

Publish foto packing siap kirim dan foto resi

Ini juga menjadi cara untuk membuktikan bahwa toko atau jualan online anda bukan tipuan tapi ingat jangan terlalu sering meng-uploadnya karena akan mengganggu kenyamanan follower anda.

Lakukan tehnik soft selling dan jangan terus promosi

Menjual secara halus dan perlahan (menghasilkan penjualan tanpa menjual). Poin utama dari soft selling adalah menciptakan alur (funnel) yang akan mengarah kepada penjualan (sales). soft selling biasanya berupa konten (yang nantinya akan menggiring Anda ke penjualan) seperti upload konten kutipan inspirasi, humor atau tips.  Cara ini sebagai cara memelihara interaksi Anda dengan follower.

Like dan comment posting follower

Like dan sesekali comment postingan follower adalah langkah paling sederhana  membangun relasi dengan akun-akun yang memiliki minat pada produk anda. Tapi Ingat, Anda harus memberikan komentar yang relevan dan sopan sehingga follower Anda tidak merasa terganggu.

Gunakan Instagram Ads

Jika semua kiat di atas sudah anda lakukan dengan rapi, saatnya anda bisa beriklan di Instagram Ads. Silahkan anda pelajari cara beriklan dengan Instagaram Ads.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow