Laptop Rusak? Cara Install Ulang Laptop dengan Mudah

Instal ulang laptop dapat membuat performa pada laptop menjadi seperti baru kembali. Terlebih ketika laptop terserang virus atau malware.

Oct 30, 2023 - 01:53
 0
Laptop Rusak? Cara Install Ulang Laptop dengan Mudah

Zaman sekarang segala kerjaan banyak yang menggunakan laptop. Hal ini bertujuan memudahkan berbagai aktivitas terutama bagi pekerjaan yang berkenaan dengan tulis menulis.

Sehingga ketika laptop tiba-tiba mengalami error atau laptop rusak maka menyebabkan banyak kerjaan yang terkendala dalam penyelesaiannya. Untuk mengatasinya tentu laptop harus diinstall ulang.

Instal ulang laptop dapat membuat performa pada laptop menjadi seperti baru kembali. Terlebih ketika laptop terserang virus atau malware. Sistem error yang terjadi pada laptop tersebut mengharuskan untuk dilakukannya instal ulang. 

Menginstal ulang laptop dapat dilakukan oleh seorang teknisi atau yang professional di bidangnya. Namun, sebenarnya install ulang laptop juga dapat dilakukan sendiri. Sebelum instal ulang laptop dilakukan maka harus memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Proses Persiapan

Ketika ingin melakukan instal ulang laptop maka ada banyak persiapan yang harus dipenuhi. Salah satunya hal yang termasuk sebagai persiapan adalah melakukan back up data yaitu file-file penting, membuat catatan serial number dan menyiapkan driver.

1. Back up data

Saat proses instal ulang laptop berjalan maka semua file dapat terpengaruh bahkan terhapus. Install ulang laptop artinya menghapus bersih semua file yang terdapat pada harddisk sehingga harus dilakukan backup data terlebih dahulu agar bisa mengakses file penting itu kembali.

Untuk back up data dapat melakukan penggandaan file menggunakan USB flash drive atau harddisk eksternal dan dapat menggunakan media penyimpanan cloud (Google Drive). Apabila disimpan ke media penyimpanan cloud maka setelah install ulang selesai dapat didownload kembali ke laptop.

2. Simpan serial number

Program yang diinstal di laptop memiliki serial number terutama untuk program berbayar. Serial number berfungsi untuk mengembalikan program setelah melakukan proses instal ulang laptop selesai.

Dengan serial number maka tidak perlu melakukan back up data. Beberapa program yang tidak ada serial number maka program tidak akan dapat diakses. Untuk memastikan keamanan serial number maka serial number tersebut dapat dicatat secara manual atau menggunakan tool seperti Belarc Advisor. Tool ini berguna untuk melakukan scan pada semua program yang digunakan di laptop dan mendaftarkan serial numbernya.

3. Siapkan driver

Driver diperlukan demi hardware laptop dapat berjalan dengan baik. Pada Windows 10 tidak perlu melakukan install driver karena fitur otomatis mendeteksi hardware. Untuk mendapatkan driver, bisa cari dulu di internet atau copy apabila tidak memiliki koneksi internet lancar dan tidak Windows 10.

Proses Instal Ulang Laptop

Setelah melakukan persiapan maka langkah selanjutnya yang dilakukan adalah melakukan proses instal ulang laptop.

Cara melakukan install ulang laptop sebagai berikut.

  • Reset laptop ke new state, pada Windows 10. Fitur ini akan menghapus semua file dalam laptop kecuali pengaturan awal dari pabrik.
  • Melakukan format manual. Format manual ini dinilai lebih baik dalam menghapus file.

 Instal Ulang dengan Reset ke New State

Untuk memulai proses reset ke new state, berikut ini cara yang harus dilakukan. 

  • Masuk ke menu Start dan klik ikon roda gigi. Selanjutnya masuk ke menu Setting.
  • Cari Update & Security.
  • Pada menu ini klik Recovery. Selanjutnya muncul Reset this PC dan Advance start-up.
  • Klik Get started pada Reset this PC. Muncul pilihan untuk melakukan reset bersih dengan menghapus semua file kecuali Windows atau untuk mengamankan file personal. Untuk pilihan kedua, file yang terhapus adalah program, aplikasi dan file-file yang berhubungan dengan itu. Untuk dokumen, foto dan video pribadi akan tetap aman.
  • Klik sesuai keinginan instal ulang, instruksi dari Windows akan muncul dan selanjutnya tinggal ikuti hal tersebut.
  • Reset ke New State. Untuk melakukan proses ini membutuhkan waktu lama meskipun bergantung pada besar file yang harus dibersihkan. Setelah proses ini selesai maka kondisi laptop menjadi baik kembali.

Instal Ulang dengan Format Manual

Melakukan install ulang laptop dengan format manual dapat dilakukan pada OS dan Windows 10. Sebelum melakukan proses install ulang maka harus memiliki file installer Windows 10 berupa disc atau CD lengkap dengan serial numbernya.

Selanjutnya melakukan pembersihan file dengan menggunakan program pembersih seperti DBAN (Darik Boot And Nuke). Program ini program yang berfungsi untuk membersihkan semua file sampai benar – benar bersih dari harddisk. Kamu cukup download gratis dan burn file ini di CD.

Nah, setelah siap, masukan CD ke laptop dan lakukan boot. Untuk melakukan proses boot ikuti langkah berikut 

  • Restart laptop. Pada proses boot-up, klik Esc, F1, F2, F8, atau F10. Tombol ini bergantung pada jenis laptop.
  • Pilih masuk ke Bios setup kemudian masuk ke Boot tab.
  • Buat highlight boot pada pilihan CD-Drive.
  • Save dan keluar.

Pada proses boot akan membaca CD DBAN dan akan menghapus file di laptop. Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan sebagai berikut.

  • Klik Enter untuk membuka DBAN.
  • Klik [J] dan [K] untuk memilih drive yang ingin dihapus ketika muncul menu DBAN.
  • Tekan Spacebar pada keyboard untuk memilih drive.
  • Setelah selesai dipilih, klik F10 untuk memulai proses menghapus.

Ketika proses berjalan maka tidak bisa menghentikannya. Selain itu sebaiknya laptop dalam keadaan full baterai atau dapat mengisi dayanya agar tidak kehabisan baterai karena proses ini berlangsung lama.

Setelah proses selesai, selanjutnya instal ulang laptop dengan file Windows yang telah disiapkan. Untuk melakukan proses install ulang, berikut langkah-langkah yang harus dilakukan.

  • Masukan CD Windows.
  • Laptop akan mendeteksi CD Windows dan menjalankan boot up.
  • Ikuti instruksi untuk melakukan proses instal Windows.
  • Pada langkah terakhir sebelum instal, masukkan serial number untuk Windows.
  • Selanjutnya proses instalasi akan berjalan. Tunggu sampai proses install ulang selesai.

Demikianlah beberapa cara install ulang laptop yang dapat dilakukan dengan mudah tanpa harus dibawa ke tempat servis komputer.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow