Liburan ke Makassar? Yuk, Cicip 5 Makanan Khas Sulawesi Selatan yang Menggugah Selera

Indonesia kaya akan kuliner dengan cita rasa yang khas, salah satunya ketika mengunjungi Kota Makassar wajib mencicipi makanan khas Sulawesi Selatan yang bikin ketagihan.

Oct 23, 2023 - 02:01
 0
Liburan ke Makassar? Yuk, Cicip 5 Makanan Khas Sulawesi Selatan yang Menggugah Selera

Ketika mengunjungi Kota Makassar kurang lengkap rasanya apabila tidak mencicipi makanan khas Sulawesi Selatan. Banyak kuliner yang mampu menggugah selera.

Dengan cita rasa yang nikmat kaya rempah-rempah mampu bikin ketagihan penikmat kuliner. Makanan khas Sulawesi Selatan menyajikan banyak hidangan dengan keunikan rasanya.

Berikut ini beberapa makanan khas Sulawesi Selatan yang wajib kamu nikmati ketika sedang berlibur ke provinsi tersebut.

1. Kapurung

Kapurung adalah salah satu makanan khas Sulawesi Selatan berbahan dasar utama sagu dan dibentuk seperti pentol.

Kapurung disajikan dengan daging ikan yang dihaluskan atau digiling. Kapurung dimasak dengan kuah ikan yang dicampur dengan jagung, bayam, jantung pisang dan kacang tanah.

Rasa kuah kapurung yang diberi asam jawa menambah nikmat bagi pecinta kuliner. Kapurung disajikan dengan ayam, udang, daging atau ikan bakar.

Dalam penyajiannya kapurung dapat dipisah dengan lauk dan saus lada namun juga bisa langsung dicampur dengan lauknya dengan saus lada yang tetap dipisah.

2. Nasu Palekko

Nasu palekko menjadi salah satu makanan khas Sulawesi Selatan yang memiliki banyak peminat. Kuliner ini berbahan dasar bebek yang dicincang dengan rasa pedas.

Rasa pedas yang disajikan dalam nasu palekko berasal dari rempah-rempah sebagai bumbu seperti kunyit, jahe, merica, lengkuas dan sereh sungguh menggugah selera.

Daging bebek dipotong kecil-kecil seperti dadu sehingga mudah untuk menyantapnya. Nasu palekko disantap dengan nasi hangat dan menjadi menu makan harian di rumah.

3. Songkolo Bagadang

Songkolo bagadang ini merupakan beras ketan hitam atau putih yang diberi taburan parutan kelapa sangrai yang sudah dicampur gula aren.

Pembuatan songkolo bagadang dapat dilakukan dengan mengukus beras ketan, beras ketan hitam dicampur sedikit beras ketan putih. Kemudian dikukus dengan santan kelapa.

Songkolo bagadang disajikan beserta serundeng, telur, ikan teri asin dan sambal kuning khas songkolo bagadang. Penyajiannya dengan dibungkus daun pisang dan diikat dengan karet.

Songkolo bagadang menjadi jajanan khas Sulawesi Selatan yang sangat disukai orang Makassar. Biasanya songkolo bagadang ini disantap saat sarapan atau saat tengah malam.

4. Ikan Bakar Parape

Salah satu makanan khas Sulawesi Selatan yang kaya rempah-rempah yaitu ikan bakar parape. Pembuatannya dengan membakar ikan dan dibaluri bumbu hingga meresap.

Bumbu ikan bakar parape ini pedas, asam dan manis. Kuliner ini memiliki cita rasa yang khas yaitu rasa bawang merah dengan campuran asam jawa.

Dengan aroma yang menggugah selera ditambah lagi dengan bumbu yang nikmat menambah kelezatan dalam hidangan ikan bakar parape ini.

Bumbu untuk membuat ikan bakar parape ini yaitu bawang merah, bawang putih, jahe, kemiri, gula merah dan air asam.

 5. Coto Makassar

Makanan khas Sulawesi Selatan yang paling terkenal adalah coto makassar. Bahan utama kuliner ini yaitu jeroan sapi yang direbus dengan waktu lama.

Jeroan daging sapi tersebut diiris kemudian diberi bumbu coto makassar. Biasanya jeroan sapi yang dimasak seperti otak, lidah, limpa, hati, paru, jantung dan babat.

Bumbu untuk memasak coto makassar antara lain bawang merah, bawang putih, cabai, lada, kemiri, ketumbar, jahe, lengkuas, asam, tauco, jintan, kemiri, cengkih, pala, kayu manis, daun serai, daun salam, daun jeruk, dan daaun kunyit.

Penyajian coto makassar dilengkapi dengan daging sapi, daun bawang dan daun goreng. Umumnya menyantap coto makassar ini dengan ketupat atau nasi panas.

Nah, menggugah selera kan makanan khas Sulawesi Selatan? So, jangan lupa cicip kulinernya ketika mengunjungi atau berlibur Kota Makassar.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow