Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan Menurut Penelitian

Kayu manis telah dikenal karena khasiatnya sejak ribuan tahun. Apa manfaat kayu manis?

Sep 4, 2023 - 04:15
Sep 4, 2023 - 04:12
 0
Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan Menurut Penelitian
Foto: Pixabay/weinstock

Kayu manis merupakan rempah yang telah dikenal karena khasiatnya sejak ribuan tahun.

Apa manfaat kayu manis?

Kayu manis memiliki manfaat yang beragam karena kaya akan antioksidan dan senyawa bermanfaat lainnya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ini dapat membantu mendukung pengendalian gula darah, melindungi terhadap penyakit jantung, dan mengurangi peradangan.

Dalam beberapa tahun terakhir, ilmu pengetahuan modern mulai mengonfirmasi banyak potensi manfaat kesehatan yang terkait dengan kayu manis.

Manfaat kayu manis bagi kesehatan

1. Obat yang ampuh

Kayu manis adalah rempah-rempah yang terbuat dari kulit pohon bagian dalam yang secara ilmiah dikenal sebagai Cinnamomum.

Kayu manis adalah bumbu yang populer. Kayu manis mengandung cinnamaldehyde yang tinggi, yang dianggap bertanggung jawab atas sebagian besar manfaat kesehatan kayu manis.

Rempah ini telah digunakan sebagai bahan sepanjang sejarah, sejak Mesir Kuno. Dulunya sangat langka dan berharga dan dianggap sebagai hadiah yang cocok untuk raja.

Saat ini, harga kayu manis terjangkau dan banyak tersedia di sebagian besar supermarket. Itu juga ditemukan sebagai bahan dalam berbagai makanan dan resep.

Saat mengering, lapisan kayu ini akan membentuk potongan-potongan yang menggulung menjadi gulungan, yang disebut batang kayu manis. Batang ini bisa digiling hingga menjadi bubuk kayu manis.

Aroma dan rasa kayu manis yang berbeda disebabkan oleh bagiannya yang berminyak, yang mengandung senyawa sinamaldehida yang sangat tinggi

Para ilmuwan percaya bahwa senyawa ini bertanggung jawab atas sebagian besar efek kuat kayu manis terhadap kesehatan dan metabolisme.

2. Penuh dengan antioksidan

Antioksidan melindungi tubuh Anda dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Kayu manis mengandung antioksidan kuat, termasuk polifenol.

Sebuah studi menemukan bahwa suplementasi kayu manis dapat secara signifikan meningkatkan kadar antioksidan dalam darah sekaligus mengurangi kadar penanda yang digunakan untuk mengukur peradangan, seperti protein C-reaktif.

Faktanya, efek antioksidan kayu manis sangat kuat bahkan dapat digunakan sebagai pengawet makanan alami.

3. Mungkin memiliki sifat anti-inflamasi

Peradangan sangat penting karena membantu tubuh Anda merespons infeksi dan memperbaiki kerusakan jaringan.

Namun, peradangan bisa menjadi masalah jika bersifat kronis dan menyerang jaringan tubuh Anda sendiri.

Kayu manis mungkin berguna dalam hal ini. Studi menunjukkan bahwa rempah-rempah ini dan antioksidannya memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat.

4. Melindungi terhadap penyakit jantung

Kayu manis telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung, yang merupakan penyebab utama kematian di seluruh dunia. Ini juga jadi manfaat kayu manis.

Menurut sebuah ulasan, menambahkan setidaknya 1,5 gram, atau sekitar 3/4 sendok teh, kayu manis per hari mampu menurunkan kadar trigliserida, kolesterol total, kolesterol LDL (jahat), dan kolesterol jahat. gula darah pada penderita penyakit metabolik.

Tinjauan lain terhadap 13 penelitian menemukan bahwa kayu manis dapat menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol total, yang keduanya merupakan faktor risiko penyakit jantung.

Kayu manis juga terbukti menurunkan tekanan darah bila dikonsumsi secara konsisten selama minimal 8 minggu.Jika digabungkan, semua faktor ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

5. Meningkatkan sensitivitas terhadap insulin

Insulin adalah salah satu hormon kunci yang mengatur metabolisme dan penggunaan energi.

Ini juga penting untuk mengangkut gula darah dari aliran darah ke sel Anda. Namun, beberapa orang resisten terhadap efek insulin. Hal ini dikenal sebagai resistensi insulin , suatu ciri dari kondisi seperti sindrom metabolik dan diabetes tipe 2.

Meskipun diperlukan lebih banyak penelitian, beberapa penelitian menunjukkan bahwa kayu manis mungkin dapat mengurangi resistensi insulin.

Dengan meningkatkan sensitivitas insulin, kayu manis dapat menurunkan kadar gula darah dan mendukung pengendalian gula darah yang lebih baik.

6. Membantu menurunkan kadar gula darah

Mengutip Healthline, kayu manis terkenal dengan khasiat penurun gula darahnya. Selain efek menguntungkan terhadap resistensi insulin, kayu manis dapat menurunkan gula darah melalui beberapa mekanisme lain.

Pertama, kayu manis telah terbukti menurunkan jumlah gula yang masuk ke aliran darah setelah makan. Hal ini dilakukan dengan mengganggu banyak enzim pencernaan, yang memperlambat pemecahan karbohidrat di saluran pencernaan Anda.

Kedua, senyawa dalam kayu manis mungkin meniru efek insulin untuk meningkatkan penyerapan gula ke dalam sel.

Sejumlah penelitian pada manusia telah mengkonfirmasi efek menguntungkan dari kayu manis, menunjukkan bahwa kayu manis dapat menurunkan kadar gula darah puasa dan meningkatkan hemoglobin A1c, penanda pengendalian gula darah jangka panjang.

7. Melindungi dari kanker

Kayu manis telah dipelajari secara luas untuk potensi penggunaannya dalam pencegahan dan pengobatan kanker.

Secara keseluruhan, bukti terbatas pada penelitian pada tabung reaksi dan hewan, yang menunjukkan bahwa ekstrak kayu manis dapat melindungi terhadap kanker.

Ia bertindak dengan mengurangi pertumbuhan sel kanker dan pembentukan pembuluh darah pada tumor dan tampaknya menjadi racun bagi sel kanker, menyebabkan kematian sel.

Sebuah penelitian pada tikus dengan kanker ovarium menemukan bahwa cinnamaldehyde dapat menghalangi ekspresi protein tertentu yang terlibat dalam pertumbuhan kanker

Temuan ini didukung oleh percobaan tabung reaksi, yang menunjukkan bahwa cinnamaldehyde dapat mengurangi pertumbuhan dan penyebaran sel kanker ovarium.

Namun, diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengevaluasi potensi efek antikanker kayu manis pada manusia dan manfaat kayu manis lainnya.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow