Mau Beli HP Bekas? Simak Cara Cek HP Sebelum Membeli

Sebelum membeli HP bekas harus dicek terlebih dahulu dengan teliti. Pengecekan HP meliputi kondisi fisik, kelengkapan HP dan sistem HP.

Sep 4, 2023 - 23:42
 0
Mau Beli HP Bekas? Simak Cara Cek HP Sebelum Membeli

Ketika ingin membeli HP bekas tentu harus mengetahui kondisi kelayakan HP yang akan dibeli. Saat membeli HP bekas dituntut agar lebih teliti sebelum membelinya.

Hal ini dinilai sangat penting saat membeli HP bekas supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti penjual yang tidak jujur tentang kekurangan HP bekas tersebut.

Oleh karena itu dalam proses pengecekannya harus lebih maksimal. Pengecekan HP android yang akan dibeli dimulai dari pengecekan kondisi fisik HP, kelengkapan HP sampai sistem HP.

Apabila ingin membeli HP bekas ada beberapa cara cek HP sebelum membeli agar dapat memiliki HP bekas dengan mutu yang baik seperti berikut ini.

1. Kondisi Fisik

Kondisi fisik tentu menjadi hal pertama yang dilihat ketika ingin membeli HP bekas. Adapun cara cek HP sebelum membeli HP bekas tersebut meliputi kondisi fisik berupa cacat atau baret pada HP yang akan dibeli. 

Apabila terdapat cacat pada HP maka sebaiknya tidak membeli HP bekas tersebut. Selain itu kondisi fisik lainnya yang dicek yaitu tampilan HP bekas tersebut masih bagus dan tidak terdapat cacat.

2. Kondisi Layar

Cara cek HP sebelum membeli HP bekas lainnya yaitu melihat kondisi layar HP yang akan dibeli. Kondisi layar HP adalah salah satu kondisi fisik yang paling utama dilihat.

Layar merupakan tampilan pada HP untuk proses input dan output. Pengecekan kondisi layar pada HP bekas agar mengetahui sensitivitas, piksel dan layar asli atau tidak.

3. Kondisi Baterai

Selanjutnya cara cek HP sebelum membeli yaitu mengecek kondisi baterai. Fungsi baterai yaitu sebagai penampung daya perangkat. Agar HP dapat berjalan dengan lancar tentu mengetahui kondisi baterai merupakan hal penting. 

Baterai yang masih bagus tentu berpengaruh lancar juga saat mengoperasikan HP. Pada pengecekan kondisi baterai yaitu dengan memastikan baterai masih bagus atau tidak dan tentang ketahanan baterai.

4. Adaptor Charger

Selain kondisi fisik, layar dan baterai, cara cek HP sebelum membeli HP bekas yaitu dengan mengecek kondisi adaptor charger. Pengecekan adaptor charger terkadang sering dilupakan ketika sebelum membeli HP bekas.

Pengecekan adaptor charger bertujuan untuk mengetahui charger tersebut asli atau tidak, kecepatan dalam proses charging sampai proses pengisian.

 Secara umum, ketika ingin membeli HP bekas ada beberapa hal yang harus diketahui sebagai berikut.

  • Memastikan kondisi kelengkapan seperti baterai, handset, charger dan casing serta aksesoris HP dalam kondisi original dan lengkap.
  • Memiliki dus kotak HP dan bukti nota pembelian seperti kwitansi.
  • Memastikan fungsi HP bekerja dengan baik seperti mengecek slot socket charger dan koneksinya yang menghubungkan langsung ke listrik, mengecek speaker sampai level suara paling tertinggi.
  • Memastikan kondisi kamera dicek dengan memotret dari kamera depan dan kamera belakang.
  • Memastikan microphone dengan cara mengecek merekam suara. 
  • Memastikan kelengkapan seperti socket, jack audio dan slot charger.
  • Memeriksa segel dan setiap tepi HP yang akan dibeli.

Setelah beberapa hal tersebut yang dicek secara umum dan detail lengkapnya, selanjutnya dapat memutuskannya sesuai analisa pribadi.

Perlu diketahui jika HP yang beredar di pasaran terdapat edisi super copy (palsu). Oleh karena itu diperlukan kehati-hatian dan lebih teliti dalam melakukan pengecekan HP.

Demikianlah beberapa hal yang harus diperhatikan sebagai cara cek HP sebelum membeli HP bekas. Sehingga mendapatkan HP bekas yang masih dalam kondisi baik dan tidak mengecewakan.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow