5 Negara yang Dicap Memiliki Netizen Paling Tidak Sopan di Dunia

Tahukah kamu negara mana saja yang memiliki netizen paling tidak sopan di dunia? Kira-kira Indonesia urutan berapa?

Aug 2, 2023 - 12:20
Aug 2, 2023 - 12:25
 0
5 Negara yang Dicap Memiliki Netizen Paling Tidak Sopan di Dunia

Setiap negara pasti memiliki netizen dengan tingkat kesopanan yang berbeda-beda. Ada yang sebagian besar warganetnya suka berkomentar positif, namun ada juga sebaliknya. Namun tahukah kamu negara mana saja yang dicap memiliki netizen paling tidak sopan di dunia? 

Lalu apakah para netizen Indonesia juga dicap tidak sopan oleh dunia? Daripada penasaran, cari tahu yuk lebih lanjut daftar negara mana saja yang memiliki netizen paling tidak sopan di dunia berikut.

5 Negara dengan Predikat Netizen Paling Tidak Sopan

Berikut ini telah kami rangkum 5 negara dengan netizen paling tidak sopan di dunia menurut survei yang dirilis tahun 2021 lalu oleh Microsoft. Negara-negara tersebut diantaranya:

1. Afrika Selatan

Afrika Selatan menduduki peringkat pertama sebagai negara dengan tingkat ketidakramahan netizennya. Hasil Digital Civility Index (DCI), menunjukkan angka mencapai 81 bagi negara yang terletak di ujung selatan benua Afrika ini. 

Fenomena kurangnya sikap sopan dari netizen asal negara tersebut dapat dilihat dengan jelas melalui frekuensi tingginya komentar merendahkan yang mereka sampaikan melalui media internet saat ini.

2. Rusia

Sebagai negara maju yang bisa dibilang hampir setara dengan Amerika Serikat. Ternyata Rusia menempati urutan ke-2 yang dicap memiliki netizen paling tidak ramah. Hal ini ditandai dengan perolehan hasil surveinya yang mencapai 80 poin.

Kebanyakan dari para pengguna internet di negara ini sering bersikap Rasis dan memandang rendah pada orang dengan sosial ekonomi kurang mampu. 

3. Meksiko

Tidak hanya Afrika Selatan dan Rusia, Meksiko juga tergolong sebagai salah satu negara dengan tingkat ketidakramahan netizen paling signifikan di dunia.

Fakta menariknya, Meksiko memiliki indeks skor DCI yang mencapai 76, dan perbedaannya tidak terlalu jauh dari Rusia.

Skor ini memberikan gambaran bahwa negara di benua Amerika Utara ini memiliki reputasi ketidakramahan yang cukup mencolok, terutama dalam konteks media sosial.

mereka cenderung berkomentar negatif dalam segala hal, meskipun konten yang di unggah merupakan konten edukasi maupun konten anak-anak.

4. Indonesia

Meskipun dimata dunia negara Indonesia terkenal akan keramahan penduduknya namun tidak demikian dengan warganetnya. Sebab di Asia sendiri, netizen RI menduduki urutan pertama yang dikenal tidak sopan.

Kebanyakan para pengguna internet di negara kita sering menghakimi orang secara sepihak dengsn komentar-komentar kasar dan melecehkan. Tanpa memandang dari dua sisi yang berbeda dan mencari fakta yang sebenarnya.

Maka tidak heran jika netizen Indonesia berada di urutan 4 dunia sebagai warganet paling tidak sopan. Maka dari itu, lebih bijak dalam beropini di Internet untuk memperbaiki citra netizen RI kedipannya.

5. Peru

Negara yang berbatasan dengan Ekuador ini memiliki indeks skor DCI mencapai 74 poin. Hal ini dinilai dari pola perilaku kurang sopan yang ditunjukkan terhadap orang lain di dunia mata.

Tidak hanya dalam ranah digital, dalam kehidupan nyata pun, Peru terkenal sebagai negara yang tidak terlalu ramah terhadap orang asing dan oleh banyak orang dianggap memiliki sifat yang keras.

Itulah 5 negara yang di cap memiliki netizen paling tidak sopan di dunia. Sebagai netizen Indonesia, seharusnya kita malu karena citra negara yang tadinya dikenal ramah kini berubah menjadi paling tidak sopan nomor 4 di dunia hanya gara-gara opini yang terkadang tidak perlu dan bahkan tidak penting.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow