Senjata Bilah Ganda Intelijen di Era Digital: OSINT

Di tengah-tengah cepatnya perubahan tehnologi dan info yang kita temui sekarang ini, ide intelijen alami evolusi yang krusial. Salah satunya evolusi itu ialah timbulnya Open-source Intelligence (OSINT).

Jul 30, 2023 - 01:49
 0

Senjata Bilah Ganda Intelijen di Era Digital: OSINT

Di tengah-tengah cepatnya perubahan tehnologi dan info yang kita temui sekarang ini, ide intelijen alami evolusi yang krusial. Salah satunya evolusi itu ialah timbulnya Open-source Intelligence (OSINT) sebagai komponen penting pada praktek intelijen kekinian. Di dunia yang makin tersambung oleh internet, info menyebar luas dan gampang dijangkau oleh siapa pun, termasuk oleh beberapa pegiat intelijen. Tersebut sebagai dasar khusus OSINT.

Sebagai sisi dari praktek intelijen, OSINT manfaatkan info terbuka atau info yang ada secara bebas di ruangan public. Dari website pemerintahan, media informasi, database public, sampai basis sosial media dan komunitas dialog online, semua menjadi sumber info untuk OSINT. Ini pasti benar-benar berlainan dengan kerja intelijen tradisionil yang semakin lebih memercayakan sistem penyadapan, pengintaian, dan operasi lapangan.

OSINT dalam Produksi Produk Intelijen

Menurut riset Steel (2015), OSINT berpotensi besar menjadi sisi integral pada proses pembikinan produk intelijen. Dalam risetnya yang dengan judul "From inputs to outcomes: Assessing the impact of OSINT on producing intelligence products", Steel menunjukkan jika OSINT tidak cuma berperan sebagai pemasok info tambahan, tetapi bisa jadi motor khusus pada proses analitis dan pengaturan laporan intelijen.

OSINT dalam Pola Baru Dunia Intelijen

Benes (2021), dalam pengkajiannya "OSINT, New Technologies, Education: Expanding Opportunities and Threats. A New Paradigm", mengulas bagaimana OSINT jadi instrument intelijen yang penting dalam kerangka digitalisasi dan perkembangan tehnologi. Ini menunjukkan jika OSINT bukan sekedar alat, tetapi jadi kunci penting saat membuat pola baru di dunia intelijen.

OSINT dalam Kerangka Operasi Militer

OSINT bukan ide baru dalam operasi intelijen. Dalam pengkajian "Defining Second Generation Open Source Intelligence (OSINT) for the Defense Enterprise", Williams dan Blum (2022) memperlihatkan bagaimana OSINT dengan support tehnologi hebat sanggup jadi simpatisan khusus dalam operasi militer besar. Sementara Sullivan (2023), dalam "Twitter's the Only Tool You Need for Treking the Military", memberi bukti riil jika sosial media seperti Twitter menjadi instrument penting pada pencarian kegiatan militer.

Rintangan dan Teror OSINT

OSINT bawa beragam rintangan dan teror. Penninger (2022), dalam "Operationalizing OSINT Full-Spectrum Military Operations", mengingati jika OSINT dapat dieksplorasi oleh artis jahat untuk kebutuhan mereka sendiri. Bukti ini ditunjukkan oleh Helmus (2021) dalam "Russian Social Media Influence: Understanding Russian Propaganda in Eastern Europe", di mana Rusia memakai OSINT sebagai alat propaganda dan dampak politik.

OSINT dalam Scenario 'Off-grid

Wakefield (2022) dalam "Russia ‘Successfully Tests' Its Unplugged Internet", memvisualisasikan bagaimana beberapa negara seperti Rusia manfaatkan OSINT dalam scenario 'off-grid', yakni dengan membuat koneksi internet mereka sendiri untuk maksud intelijen dan keamanan.

Etika dan Norma dalam Pemakaian OSINT

Untuk menjawab beragam kesempatan dan rintangan itu, kita perlu membuat dan perkuat etika dan norma dalam pemakaian OSINT. Fischer (2022) dalam "White Racially Motivated Violent Extremists Developing Program to Create Bulk Social Media Accounts", berikan teguran akan dampak negatif eksplorasi OSINT oleh barisan berlebihanis dan beberapa pihak yang bermotivasi rasis.


OSINT dan Support Siber

Porche (2021), dalam "Tactical Siber: Building a Strategy for Siber Dukungan to Corps and Below", mengutamakan begitu keutamaan support cyber yang kuat, dan OSINT jadi sisi tidak terpisah dari support itu. Ligon et al. (2021) dalam "A Case Studi in Open Source Intelligence: A Comparative Analysis of Traditional Media Versi Social Media," memvisualisasikan bagaimana OSINT bisa membuat bertambah dan meluaskan analitis dalam intelijen tradisionil.

Ringkasan dan Referensi

Untuk mengoptimalkan OSINT dalam kerangka pertahanan dan keamanan nasional, kita perlu pahami dan manfaatkan perubahan ini. OSINT, bila digunakan dengan bertanggungjawab dan benar, berpotensi hebat saat tingkatkan pertahanan dan keamanan nasional, sekalian memitigasi teror dan dampak negatif yang terdapat. Pendekatan ini searah dengan misi Indonesia menjadi negara maju yang manfaatkan tehnologi dalam sektor pertahanan dan keamanan. Dengan manfaatkan OSINT dengan optimal, mudah-mudahan kita dapat capai arah itu.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow

rara Freelance