Sistem Operasi Terbaik Yang Sering digunakan

Windows adalah salah satu Sistem Operasi terbaik dan paling populer di Indonesia. Versi pertamanya dirilis pada tahun 1985, dan masih berjalan hingga saat ini.

Oct 30, 2023 - 00:27
 0
Sistem Operasi Terbaik Yang Sering digunakan

Sistem Operasi terbaik yang sering digunakan saat ini, memang bisa dihitung jumlahnya. Sedangkan definisi dari Sistem Operasi, yaitu software yang digunakan untuk mengatur hardware pada perangkat komputer, laptop maupun smartphone.

Dari segi fungsi, yaitu untuk mengoperasikan atau menjalankan aplikasi yang telah diinstall pada perangkat yang digunakan. Tanpa adanya Sistem Operasi ini, aplikasi apapun tidak dapat bekerja di setiap perangkat.

Berikut, adalah Sistem Operasi terbaik, yang sering digunakan di Indonesia.

Windows

Windows adalah salah satu Sistem Operasi terbaik dan paling populer di Indonesia. Versi pertamanya dirilis pada tahun 1985, dan masih berjalan hingga saat ini. Sistem Operasi ini, tidak hanya memiliki beberapa kelebihan tapi juga kekurangan. 

Sebelum memutuskan untuk memilihnya, tidak ada salahnya untuk mengetahui hal tersebut.

Kelebihan Windows

Berikut adalah kelebihannya:

Kompatibel Dengan Banyak Aplikasi

Mayoritas aplikasi yang dibuat saat ini, dirancang khusus agar bisa kompatibel atau dipakai dengan Sistem Operasi Windows. Pasalnya, Windows memiliki market yang besar di seluruh dunia. 

Ramah Pengguna dan Mudah Dikembangkan

Windows adalah Sistem Operasi yang ramah pengguna, karena mudah dipelajari dan dikembangkan. Sehingga, bukanlah hal yang sulit untuk dapat memperbaikinya jika terjadi error. Selain itu, windows juga menyediakan banyak solusi untuk memperbaiki sistemnya.

Support Sistem Partisi

Sistem Operasi Windows sudah bisa support banyak sistem partisi, yang dapat membagi satu hardisk untuk berbagai fungsi. Sehingga, pengguna bisa membagi ruang penyimpanan yang berkapasitas besar, sebagai tempat penyimpanan file, sistem, dan lain - lain.

Kekurangan Windows

Berikut adalah kekurangannya:

Rentan Virus

Meski Windows memiliki sistem security yang cukup handal, namun relatif rentan terhadap serangan virus. Karena Sistem Operasi ini mudah dipelajari, sehingga membuat oknum programmer yang tidak bertanggung jawab berusaha untuk bisa meretasnya. 

Mudah Dibajak

Sayangnya, Windows juga masih mudah dibajak oleh hacker profesional yang sudah mempelajari Sistem Operasi ini dengan seksama. Jadi, tidak heran jika banyak versi bajakannya yang beredar luas.

Harus Rutin Update

Karena masih memiliki kekurangan dan rentan terhadap berbagai ancaman, membuat Microsoft rutin memberikan update pada sistem operasinya. Permasalahannya adalah, jika pengguna lupa melakukan update versi terbaru, terkadang bisa mengalami masalah dengan sistemnya.

Membutuhkan RAM Besar

Sistem Operasi Windows membutuhkan kapasitas RAM yang besar. Sehingga tidak jarang, kinerjanya menjadi lambat karena menguras banyak memori. 

MacOS

Meski  pengguna MacOS tidak sebanyak  Windows dan Linux, namun tetap masuk dalam golongan Sistem Operasi terbaik di dunia. 

Kelebihan MacOS

Kelebihan yang dimiliki Sistem Operasi ini adalah:

Desainnya yang ramping, memiliki banyak aplikasi dan fitur canggih, serta trackpad modern.

Kekurangan MacOS

Salah satu kekurangan dari MacOS adalah, hanya kompatibel dengan perangkat Apple. 

Linux

Linux merupakan Sistem Operasi yang menjadi pesaing Windows. Namun tidak sama dengan Windows yang berbayar, Linux adalah kebalikannya. 

Karena bersifat open source, sehingga penggunanya bisa bebas untuk mengunduh, mengubah, hingga berkontribusi ke sistem Linux sendiri. Karena hal tersebut, tidak heran jika Sistem Operasi ini menjadi terus berkembang.

Kelebihan Linux

Berikut adalah kelebihan dari Linux:

Open Source

Open Source merupakan Sistem Operasi yang terbuka bagi siapa saja, sehingga bisa gratis untuk dikembangkan sesuai keinginan. Bahkan, bisa dimodifikasi untuk berbagai kepentingan.

Menggunakan Sistem Keamanan

Linux menggunakan sistem otorisasi jika ingin menjalankan programnya. Sehingga, terbilang cukup sulit bagi virus untuk meretas softwarenya. Meski begitu, Linux tetap bisa terjangkit virus namun tidak seagresif Windows.

Keamanan privacy 

Sistem Operasi ini sangat menjaga keamanan data dan privasi penggunanya, karena tidak tidak meminta data apapun untuk bisa menggunakannya.

Sistem Yang Ringan

Tidak sama halnya dengan Windows yang menggunakan Graphical User Interface (GUI), membuat tampilannya menjadi lebih menarik. Karena Linux  menggunakan command line untuk perintahnya yang berbasis text, membuat sistemnya menjadi lebih ringan. 

Customization

Karena dapat dimodifikasi dengan Sistem Operasi apapun, sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengcustom sendiri fitur dan tampilan pilihannya. 

Memiliki Banyak Pilihan Distro

Linux memiliki banyak pilihan distro, yang dapat digunakan untuk berbagai fungsi. Diantaranya seperti Ubuntu, Arch Linux, Fedora, Linux Mint, Debian, dan masih banyak lagi.

Kekurangan Linux

Adapun kekurangan Linux adalah:

Tidak Kompatibel Dengan Banyak Aplikasi

Meskipun memiliki banyak kelebihan, sayangnya Linux tidak memiliki pasar yang besar. Salah satu sebabnya, karena aplikasi yang ditawarkan tidak kompatibel dengan program yang dibutuhkan penggunanya. Contohnya seperti edit video, desain, dll.

Layanan Support Yang Berbayar

Walaupun Sistem Operasi bisa digunakan secara gratis, namun layanan support nya tetaplah berbayar. Apabila pengguna membutuhkan bantuan teknis, maka akan ada biaya yang akan dikenakan.

OS Chrome

Sistem Operasi terbaik yang terakhir adalah Google Chrome OS, yang dapat mengunduh dan menjalankan aplikasi dari Web Chrome. Selain itu, penggunanya dapat menyinkronkan file melalui Google Drive, dan mengaksesnya dari berbagai perangkat.

Kelebihan OS Chrome

Adapun kelebihan lain dari OS Chrome adalah:

  • Harga yang lebih terjangkau
  • Memiliki kinerja sistem yang lancar
  • Terintegrasi dengan Android
  • Keamanan dan privasi yang terjamin

Kekurangan OS Chrome

Untuk kekurangan dari OS Chrome adalah sebagai berikut:

  • Ruang penyimpanan yang terbatas
  • Tidak cocok untuk aplikasi gaming

Demikianlah, sedikit review mengenai sistem operasi terbaik yang sering digunakan saat ini. Semoga bisa bermanfaat, bagi tengah membutuhkan informasi seputar sistem ini.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow