Tempat Wisata Di Indonesia Yang Masuk Unesco

Mari mengenal keindahan Indonesia lebih dekat dengan mengenal potensi tempat wisata di Indonesia. Berikut ini kami akan menjelaskan tentang Rekomendasi Tempat Wisata Di Indonesia yang Masuk Unesco.

Oct 30, 2023 - 00:35
 0
Tempat Wisata Di Indonesia Yang Masuk Unesco

Banyak yang mengatakan bahwa Indonesia adalah kepingan surga dunia. Indonesia sendiri terkenal sebagai negara yang memiliki banyak potensi wisata yang bahkan mendunia. Mulai dari gunung, pantai, sabana, hingga wisata bawah laut semuanya ada di Indonesia.

Tidak sedikit tempat wisata di Indonesia yang masuk dalam situs warisan budaya UNESCO. Untuk itu, Anda patut berbangga. Mari mengenal keindahan Indonesia lebih dekat dengan mengenal potensi tempat wisata di Indonesia. Berikut ini kami akan menjelaskan tentang Rekomendasi Tempat Wisata Di Indonesia yang Masuk Unesco.

Rekomendasi Tempat Wisata di Indonesia yang Masuk Unesco

Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo adalah salah satu wisata Indonesia yang paling populer, bahkan jauh sebelum pandemi, destinasi ini selalu menjadi incaran wisatawan asing maupun wisatawan lokal.  Terletak di Kepulauan Sumbawa Nusa Tenggara Timur. Dan merupakan tempat wisata di Indonesia yang banyak dibicarakan oleh masyarakat dunia.

Destinasi wisata di Indonesia yang masuk dalam daftar situs cagar budaya memiliki tiga pulau besar utama, yaitu Pulau Padar, Pulau Rinca, dan Pulau Komodo itu sendiri. Tempat wisata di Indonesia ini sangat terkenal dan mendunia karena merupakan satu-satunya tempat di dunia yang di huni oleh spesies komodo, salah satu jenis kadal terbesar yang pernah ada.

Candi Borobudur

Candi yang terletak di Magelang, Jawa Tengah ini sebelumnya masuk dalam daftar 7 keajaiban dunia. Borobudur adalah monumen Buddha terbesar di dunia, tak heran tempat wisata di Indonesia ini sering menjadi pusat penyelenggaraan acara keagamaan bagi umat Buddha dari seluruh Indonesia. Kuil ini dibangun antara abad ke-8 dan ke-9, dan dipugar dengan bantuan Unesco pada 1970-an.

Desain Borobudur sendiri juga menjadi salah satu alasan mengapa situs budaya ini masuk dalam daftar Warisan Dunia Unesco. Memiliki enam teras berbentuk bujur sangkar dan tiga pelataran melingkar. Membuat Candi Borobudur terlihat seperti bunga yang sedang mekar jika dilihat dari udara.

Taman Nasional Ujung Kulon Masuk Unesco

Sesuai dengan namanya, lokasi wisata yang satu ini memang berada di ujung barat pulau Jawa yaitu Ujung Kulon. Beberapa kawasan Taman Nasional Ujung Kulon antara lain Krakatau, Panaitan, Peucang, Gunung Honje, Semenanjung Ujung Kulon dan Pulau Handeuleum. Salah satu keunikan Taman Nasional Ujung Kulon adalah terdapatnya habitat badak bercula satu, spesies langka yang bahkan terancam punah.

Selain itu, taman nasional ini memiliki banyak jenis ekosistem, dan merupakan hutan lindung dengan jangkauan yang sangat luas. Inilah alasan mengapa Taman Nasional Ujung Kulon terdaftar sebagai situs warisan budaya UNESCO sejak tahun 1991. Tempat wisata di Indonesia ini memiliki berbagai jenis ekosistem, mulai dari hutan pantai, padang rumput, dan mangrove.

Candi Prambanan

Candi yang sangat kental dengan kisah cinta Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang. Terletak di Kabupaten Sleman dan Kabupaten Klaten, Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi Prambanan merupakan tempat wisata di Indonesia yang menjadi andalan pemerintah untuk menarik wisatawan dari berbagai negara.

Konon seorang pemuda bernama Bandung Bondowoso jatuh cinta dengan seorang gadis cantik, Roro Jonggrang. Bandung Bondowoso yang ingin melamar gadis itu diberi syarat untuk membangun seribu candi dalam satu malam.

Singkat cerita, Bandung Bondowoso gagal memenuhi permintaan Roro Jonggrang, hingga akhirnya ia gagal menikahi gadis pujaan hatinya. Karena kemarahan Bondowoso, konon ia mengutuk Roro Jonggrang menjadi salah satu arca di Candi Prambanan.

Demikian ulasan tentang Rekomendasi Tempat Wisata Di Indonesia Yang Masuk World Heritage Unesco semoga bermanfaat.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow