UMY Gandeng 6 Negara Gelar Konferensi Internasional

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) telah menggelar 6th International Conference on Islamic Economics Financial Inclusion (ICIEFI) pada tanggal 9-10 Agustus 2023.

Aug 11, 2023 - 17:06
 0
UMY Gandeng 6 Negara Gelar Konferensi Internasional

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) telah menggelar 6th International Conference on Islamic Economics Financial Inclusion (ICIEFI) pada tanggal 9-10 Agustus 2023.

Terdapat 75 peserta dari 6 negara yang ikut serta Pada tahun ini yaitu Indonesia,Thailand, Vietnam, Taiwan, Malaysia dan Filipina.

Konferensi ini merupakan bagian dari 7th International Conference on Sustainable Innovation (ICoSI) UMY yang telah digelar UMY pada Rabu (9/8/2023). Tema dari ICIEFI kali ini adalah ''Enhancing Economic Finance and Environmental Resilience Through Society 5.0 To Achieve Sustainable Development Goals''.

International Conference on Islamic Economics Financial Inclusion (ICIEFI) merupakan acara yang rutin digelar oleh Program Studi Ekonomi dan International Program Islamic Economics and Finance (IPIEF), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (FEB UMY).

Angkat Isu Ekonomi Global

Ketua pelaksana ICIEFI 6th 2023 Susilo Darsono mengatakan bahwa kajian pada ICIEFI 2023 seputar ekonomi, kesehatan, dan lingkungan. Menurutnya lingkup tersebut sangat penting untuk dibahas dalam membuat arah dari kebijakan ekonomi global.

"Adanya peralihan Covid-19 ternyata memiliki pengaruh besar terhadap semua sektor. Mulai dari sektor kesehatan, keuangan, dan lingkungan. Sehingga dengan adanya kajian dari para pakar ekonomi dalam kegiatan ini diharapkan dapat memberikan ide-ide solutif guna membuat arah dan kebijakan dalam meningkatkan ekonomi global melalui society 5.0. Untuk itulah kami mengangkat tema tersebut," papar Susilo dikutip dari detikedu, Jumat (11/8/2023).

Hadirkan Pakar Ekonomi Dalam dan Luar Negeri

Tidak hanya pakar ekonomi indonesia yang memberikan materi pada Konferensi internasional yang diselenggarakan secara daring dan luring tersebut, UMY juga menghadirkan pakar dari luar negeri.

Adapaun pemateri pada konferensi tersebut adalah Prof. Dr. Peter Mayer dari Osnabruck University of Applied Science German, Prof. Budi Resosudarmo, Ph.D dari Australian National University, dan Prof. Dr. Imamuddin Yuliadi SE., M.Si dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

"Dalam kegiatan ini kami juga bekerjasama dengan beberapa jurnal, dari mulai yang terindeks Scopus sampai dengan Sinta. Bahkan kami juga turut mengundang Editor in Chief Journal Annals of Financial Economics (Scopus Indexed), Prof. Wing Keung Wong yang juga merupakan guru besar Asia University Taiwan," ujar Susilo.

Antusias Peserta ICIEFI 2023 Tinggi

Susilo mengatakan antusiasme peserta ICIEFI ke-6 cukup tinggi. Peserta yang hadir diantaranya adalah institusi luar dan dalam negeri seperti Department Ekonomi, Vietnam University of Agriculture, College of Graduate School Management, Khon Kaen University Thailand dan program studi ekonomi Universitas Ahmad Dahlan serta Universitas Muhammadiyah Surakarta.

"Antusias dari peserta yang mendaftar menjadi suatu kebanggaan dan apresiasi bagi ICIEFI sebagai tuan rumah. Sedangkan bagi peserta yang belum mendapatkan kesempatan kami harap mereka dapat mencoba pada ICIEFI tahun depan dengan mempersiapkan paper terbaik. Kami juga akan berusaha menghadirkan pembicara yang lebih banyak lagi dari tahun ini," Ucap Susilo.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow