Alasan di Balik Pemangkasan Produksi iPhone 15 Series Oleh Apple

Apple dikabarkan telah memangkas produksi iPhone 15 series sebelum peluncuran. Dua alasan utama yang diperkirakan menyebabkan penurunan ini adalah masalah ketersediaan pasokan dan kekhawatiran permintaan yang lebih rendah. Kenaikan harga iPhone 15 Pro dan Pro Max, serta gangguan dalam pasokan komponen tertentu seperti sensor kamera dari Sony, mungkin berkontribusi pada penurunan angka produksi ini.

Aug 20, 2023 - 08:32
 0
Alasan di Balik Pemangkasan Produksi iPhone 15 Series Oleh Apple

Apple, raksasa teknologi asal Amerika Serikat, dikabarkan telah memangkas produksi iPhone 15 series hingga 77 juta unit sebelum peluncuran, menimbulkan pertanyaan besar di kalangan investor dan penggemar teknologi.

Menurut analis Jeff Pu, produksi iPhone 15 pertama kali diharapkan mencapai 83 juta unit pada akhir tahun ini. Namun, terdapat dua alasan utama yang mungkin berkontribusi pada penurunan angka tersebut.

Pertama, ada masalah terkait ketersediaan pasokan yang mungkin mempengaruhi produksi massal iPhone 15. Pu merujuk pada sensor kamera dari Sony, rangka titanium baru yang digunakan pada iPhone 15 Pro, dan layar baru dengan bezel yang lebih tipis sebagai komponen yang mungkin mengalami gangguan dalam hal pasokan. Ketidakpastian seputar pasokan bahan ini dapat berpotensi menunda produksi.

Selain itu, Pu juga mempercayai bahwa penurunan estimasi produksi ini diakibatkan oleh kekhawatiran akan permintaan yang lebih rendah. Hal tersebut didasarkan pada rumor bahwa iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max akan dijual dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan pendahulunya.

"Penurunan rencana produksi sebelum peluncuran bukanlah tanda yang positif, dan kemungkinan kenaikan harga iPhone 15 Pro Max juga dapat mempengaruhi permintaan," kata Pu dalam analisisnya, seperti yang dilaporkan oleh 9to5Mac pada Jumat, 18 Agustus 2023.

Meski demikian, iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max diharapkan dapat memberikan sejumlah peningkatan yang berarti, termasuk adanya "action button," rangka bodi dari titanium, bezel yang lebih tipis, serta lensa periskop khusus untuk iPhone 15 Pro Max. Semua pembaruan ini disebutkan dapat membuat iPhone baru ini memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan generasi sebelumnya, dengan beberapa analis memperkirakan bahwa kenaikan harganya bisa mencapai 200 dolar AS.

Peluncuran iPhone 15 series dijadwalkan pada 12 atau 13 September mendatang. Salah satu varian seri ini sudah mulai muncul dalam database regulator India, yang menunjukkan peluncuran ini semakin dekat.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow