Gaya Hidup Sehat Untuk Mental Lebih Sehat

Gaya hidup sehat sangat mempengaruhi pada bagaimana Anda menjaga kesehatan mental Anda. Seperti gaya hidup yang tepat untuk mental Anda?

Aug 1, 2023 - 16:18
 0
Gaya Hidup Sehat Untuk Mental Lebih Sehat

Kebanyakan orang berpikir menjalankan gaya hidup sehat dengan hanya fokus pada kesehatan tubuh secara fisik. Padahal kesehatan mental juga menjadi poin penting ketika bicara soal gaya hidup. 

Justru memiliki mental yang sehat memiliki peran luar biasa besar untuk kesehatan tubuh. Karena diakui atau tidak, tubuh manusia menjadi beresiko sakit 2 – 3 kali lebih besar saat tengah depresi, stress, sedih dan sebagainya.

Tetapi, pola dan gaya hidup sehat macam apa yang bisa membantu menjaga kesehatan mental? Inilah yang akan coba kita bahas pada kesempatan kali ini.

Gaya Hidup Sehat Untuk Kesehatan Mental

Kesehatan mental rupanya juga bergantung pada bagaimana Anda menjalankan aktivitas Anda sehari hari. Anda menjadi bahagia atau depresi bisa berkaitan dengan sejumlah gaya hidup yang Anda praktekan.

Jadi, ubah gaya hidup  Anda menjadi lebih sehat dan itu akan membantu kesehatan mental Anda. Seperti apa gaya hidup sehat yang dapat meningkatkan kesehatan mental Anda?

Menjalankan pola diet sehat

Diet yang sehat adalah diet yang tidak membuat Anda merasa tertekan. Banyak orang menjalankan diet tanpa menyadari bahwa makan akan mempengaruhi mood. Mengendalikan makan Anda dengan ekstra ketat akan memperburuk mood Anda.

Anda juga mungkin pernah merasa tertekan dan menjadikan makan sebagai pelarian. Karena makan membantu mengatasi hormon stress Anda.

Jadi, diet dalam gaya hidup sehat adalah mengendalikan makan dengan cara imbang. Atur menu menjadi lebih imbang, jangan ekstra ketat tetapi tidak berlebihan.

Perhatikan juga nutrisi yang baik untuk mood seperti magnesium, zat besi, vitamin B, vitamin C, zink dan lain sebagainya. Kendalikan gula tetapi jangan hidup tanpa gula sama sekali.

Serta jangan 100% menghindari lemak karena otak Anda jelas membutuhkan lemak yang tinggi. Gunakan lemak tak jenuh untuk pilihan lebih sehat.

Tidur dengan cukup

Salah satu gaya hidup tidak sehat yang banyak dipraktekan orang sekarang adalah pola tidur berantakan. Padahal tubuh membutuhkan tidur yang cukup minimal 6 jam sehari. Tidak hanya itu, tubuh perlu tidur di jam wajar secara rutin untuk membantu proses perbaikan sel-sel tubuh.

Jadi atur kembali pola tidur Anda,supaya tubuh Anda menjadi tetap segar setiap harinya. Tidur yang cukup akan membantu otak Anda tersuplai oksigen dengan optimal. Ini jelas membantu memperbaiki kesehatan mental.

Coba berolahraga secara menyenangkan

Olahraga adalah bagian penting dalam menjaga kesehatan mental. Karena olahraga akan membantu sirkulasi darah berjalan lebih lancar. Ini membantu seluruh tubuh Anda termasuk otak mendapatkan suplai oksigen dan nutrisi dengan optimal.

Tetapi perhatikan dengan baik olahraga seperti apa yang tepat untuk mental Anda. Pilih olahraga yang menyenangkan untuk Anda. Jangan hanya fokus pada target pembentukan badan atau kardio tanpa mempertimbangkan mental Anda.

Jadi, lakukan olahraga berkualitas bersama teman, di ruang terbuka, imbang antara high impact dan low impact, tanpa tekanan kompetisi atau target yang berat. Ini akan membuat olahraga seolah sebagai cara Anda meredakan stress.

Beri ruang untuk tekanan yang Anda hadapi

Setiap orang tentu saja memiliki tekanan atau permasalahan masing-masing. Semua itu yang acapkali menjadi awal seseorang mengalami stress atau depresi. Jadi jangan mengelak bila memang Anda saat ini tengah berhadapan dengan masalah.

Beri ruang untuk pikiran dan hati Anda dan coba membuka wacana untuk memahami permasalahan Anda lebih baik. Bisa dengan menulisnya dalam jurnal, berkonsultasi dengan pihak ketiga, beribadah atau sekedar lakukan meditasi rutin.

Jangan tenggelam dalam masalah dan terus merutukinya. Tidak pula terus menyesali atau justru menghindarinya. Justru terima dengan hati dan pikiran yang terbuka dan coba secara perlahan mengurai semuanya. Ini justru sangat membantu Anda mengendalikan stress.

Lakukan hobi

Menjadi diam dan tidak produktif juga salah satu hal yang menyebabkan mental seseorang rentan. Karena Anda memiliki demikian banyak ruang dalam pikiran dan waktu Anda untuk terus memikirkan masalah Anda.

Coba gali hobi Anda dan geluti dengan tekun. Jangan berharap keuntungan tetapi buat itu sebagai tempat Anda sibuk dengan menyenangkan. Beberapa orang memilih untuk menjadi volunteer pada organisasi atau kelompok. Ini juga sangat membantu kesehatan mental Anda.

Sebagaimana dijelaskan gaya hidup sehat mempengaruhi bagaimana Anda mengelola kesehatan mental Anda. Secara perlahan Anda akan merasakan bagaimana Anda merasa hari-hari Anda terasa lebih ringan dan lebih nyaman bahkan tanpa Anda sadari.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow