Fitur Kunci Chat WhatsApp Untuk Perlindungan Privasi Chat

Kunci chat Whatsapp merupakan cara terbaik untuk melindungi chat kamu dilihat oleh orang yang tidak diinginkan. Simak pembahasan lebih lengkap di artikel ini.

Jul 14, 2023 - 14:45
Jul 14, 2023 - 14:57
 0
Fitur Kunci Chat WhatsApp Untuk Perlindungan Privasi Chat
cara kunci chat whatsapp untuk melindungi privasi mu

Kunci chat WhatsApp, sudah ada yang pernah mendengar hal itu? Jika belum, mari kita bahas di sini saja!

Tidak diragukan lagi, WhatsApp (WA) saat ini menjadi alat komunikasi terbaik yang sering kita gunakan untuk berhubungan dengan orang lain, baik itu kerabat, teman, atau bahkan urusan pekerjaan. Sejak rilis pada tahun 2009, WhatsApp yang sering disebut dengan istilah WA selalu meningkatkan kualitasnya, baik dari segi tampilan, keamanan, maupun aksesibilitasnya.

Keamanan aplikasi WhatsApp terkenal dengan enkripsi end-to-end. Secara sederhana, dalam enkripsi end-to-end, pesan dienkripsi (disebut juga "diacak") oleh pengirim dan hanya bisa dibaca oleh penerima yang dituju. Jadi, pesan akan aman hingga sampai tujuan, karena hanya orang yang dituju yang dapat membuka kunci chat whatsapp tersebut.

Selain keamanan utama tersebut, dalam artikel ini kita akan membahas fitur keamanan tambahan yang telah diadaptasi dan diimplementasikan ke dalam sistem WA saat ini. Simak pembahasan lebih lengkap berikut ini.

Baca Juga:

10 Aplikasi Transfer Uang Antar Bank
Aplikasi Cek Plagiarisme Online

 

Sistem Kemanana Tambahan WhatsApp

Selain sistem keamanan yang mutakhir, whatsapp juga sistem kemanan tambahan yang diterapkan dalam aplikasi WhatsApp:

Kunci Chat

Dengan fitur Kunci Chat WhatsApp, kamu bisa lebih aman mengamankan percakapanmu hanya dengan sidik jari. Jadi, kamu bisa memilih chat tertentu yang ingin dikunci dan hanya bisa dibuka setelah sidik jari terverifikasi. Ini memberikan lapisan keamanan ekstra untuk melindungi privasi obrolanmu, tanpa harus mengunci seluruh aplikasi WhatsApp.

Pengguna dapat menyesuaikan chat tertentu untuk di kunci, tanpa perlu mengunci aplikasi wa secara keseluruhan. Untuk mengaktifkanya kamu hanya perlu masuk ke profil pengguna lain yang ingin di kunci, kemudian cari "kunci chat" yang terletak diantara info nomor telepon dan info profil. Dengan fitur ini kamu tidak udah khawatir dengan privasi, jika ada orang lain yang mengakes HP mu.

Keamanan Sidik Jari

kunci chat whatsapp untuk menjaga privasi

Kamu juga bisa menggunakan sidik jari sebagai cara keamanan untuk mengunci akses ke aplikasi WhatsApp. Tinggal aktifkan opsi sidik jari di pengaturan aplikasi dan atur perangkatmu agar meminta sidik jari sebelum membuka WhatsApp. Dengan begitu, kamu bisa mencegah akses tidak sah ke chat dan konten dalam aplikasi.

Kamu dapat mengaktifkan melalui setelan, privasi, dan cari kunci sidik jari. Cukup aktifkan fitur tersebut maka kamu akan mengamankan seluruh aplikasi WA termasuk chat di dalamnya.

PIN Keamanan

Selain sidik jari, WhatsApp juga menyediakan opsi PIN sebagai cara keamanan. Kamu bisa mengatur PIN khusus yang diperlukan untuk membuka WhatsAppmu. Dengan menggunakan PIN ini, kamu bisa melindungi akses ke aplikasi dari orang yang tidak berwenang. Disini kamu dapat mengatur kedalam setelan HP dan cari fitur kunci aplikasi, jika fitur ini diaktifkan maka aplikasi seperti WA dan yang kamu kunci akan terkunci melalui sistem kemanan HP mu.

Verifikasi Dua Langkah

Fitur verifikasi dua langkah memungkinkan kamu menambahkan lapisan keamanan ekstra saat mendaftar atau mengakses akun WhatsApp. Kamu bisa mengatur PIN enam digit dan alamat surel cadangan yang akan diminta saat mengonfigurasi ulang akun WhatsApp. Fitur ini dapat membantu melindungi akunmu dari serangan yang bertujuan untuk mengakses atau mencuri akun WhatsApp.

Semua fitur keamanan tambahan ini, seperti Kunci Chat, Keamanan Sidik Jari, PIN Keamanan, dan Verifikasi Dua Langkah, dirancang untuk memberikan kamu lebih banyak kontrol dan perlindungan terhadap privasimu. Jadi, pesan dan informasi pribadimu tetap aman dan terjaga dengan baik.

Kesimpulan

Kunci Chat WhatsApp adalah fitur keamanan tambahan yang memungkinkan pengguna untuk mengunci percakapan tertentu menggunakan sidik jari. Selain itu, WhatsApp juga menyediakan opsi keamanan lainnya seperti penggunaan sidik jari, PIN keamanan, dan verifikasi dua langkah. Semua fitur ini dirancang untuk melindungi privasi pengguna dan memberikan kontrol lebih terhadap keamanan chat di WhatsApp.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow

Galih Enggar Cita-cita jadi majikan kucing